SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Topik Hubungan Manusia dengan Bumi Kelas IX E SMP Negeri 2 Malang

Alfi Sahrina

Abstrak


ABSTRAK

 

Sahrina, Alfi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Topik Hubungan Manusia dengan Bumi Kelas IX E SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

 

Kata kunci :Student Team Achievement Divisions (STAD), hasil belajar

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IX E SMP Negeri 2 Malang diketahui bahwa hasil belajar yang kurang memuaskan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya siswa cenderung sulit melakukan kerjasama. Dalam penguasaan materi, kelompok atas sulit bergaul dengan kelompok bawah, sehingga mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh siswa. Ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 39,47 %, yang artinya dari 38 siswa, yang telah tuntas belajarnya sejumlah 15 siswa. Penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan kerjasama siswa perlu dilakukan sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD). Melalui penerapan model pembelajaran STAD diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matapelajaran IPS Geografi siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan mulai tanggal 20 Januari sampai 1 Feberuari 2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus tindakan, yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini berupa keterlaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD yang diukur berdasarkan persentase aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa yang diukur berdasarkan hasil tes yang dilakukan setiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentase keterlaksanaan pembelajaran STAD sebesar 100% dan terjadi peningkatan hasil belajar IPS Geografi siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Malang. Rerata hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 66,32 meningkat menjadi 69,87 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 80,79 pada siklus II. Selain terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa, terjadi ketergantungan positif antar siswa. selain itu juga terjadi perubahan sikap antar siswa, siswa tidak lagi memilih-milih teman dalam bekerjasama. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2011-2012. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan dalam menggunakan model pembelajaran guru harus bisa membagi waktu dengan baik, menguasai kelas dengan baik, bersikap tegas terhadap siswa yang membuat gaduh serta membuat variasi soal pada soal tes akhir siklus.