SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS-Geografi Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang

Ratna Farida

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida, Ratna. 2012. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ips-Geografi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si

 

Kata kunci: Make a Match, aktivitas, hasil belajar

 

Hasil observasi  awal  dilakukan  di  SMP Negeri  20 Malang  pada  tanggal 26 Oktober 2011, diketahui bahwa kelas VII-D merupakan kelas yang memiliki nilai di bawah  standar  ketuntasan  belajar.  Guru  belum menggunakan  model  pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran, hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar kurang.

Hasil  observasi  berikutnya  menunjukkan  bahwa  kegiatan  di  kelas  siswa  hanya mendengarkan penjelasan  dari  guru  dan mengerjakan  tugas,  siswa  cenderung pasif.

Melihat hasil observasi awal yang telah dilakukan, perlu dilakukan upaya-upaya yang mampu memperbaiki kondisi kelas. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan model Make a Match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 20 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam  2  siklus  tindakan,  setiap  siklus  terdiri dua kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian  tindakan kelas  ini siswa kelas VII-D semester genap  tahun ajaran 2011-2012 SMP Negeri 20 Malang  dengan  jumlah  38 siswa,  terdiri  dari  17 siswa  laki-laki  dan  23 siswa perempuan. Data  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  berupa  aktivitas  dan  hasil belajar siswa. Aktivitas  siswa diamati  selama pembelajaran, sedangkan hasil belajar diukur di setiap tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa rata-rata  18,79 pada  siklus  pertama  dan  23,74 pada  siklus  kedua  dengan  peningkatan sebesar 26,34% dari kategori  cukup  aktif pada  siklus  pertama dan  aktif pada  siklus kedua.  Peningkatan  hasil  belajar  siswa  dapat  diketahui  berdasarkan  nilai  rata-rata siswa dari tes yang dilakukan di setiap akhir siklus sebesar 66,43 pada siklus pertama dan meningkat menjadi 72 pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa selama dilakukannya  tindakan  sebesar  8,38%. Peningkatan  ini  karena  penggunaan  model Make  a  Match dan  tindakan  guru  selama  pembelajaran  untuk  mengatasi  masalah dalam kelas.

Berdasarkan  hasil  penelitian  diperoleh  bahwa  penggunaan model  Make  A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-D SMP Negeri 20  Malang  pada  materi  Atmosfer  dan  Hidrosfer.  Guru  geografi  disarankan menerapkan  model  pembelajaran  Make a  Match sebagai  alternatif  pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan memperhatikan alokasi waktu dan pengelolaan kelas dengan matang.