Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS-Geografi Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang
Abstrak
ABSTRAK
Farida, Ratna. 2012. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ips-Geografi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si
Kata kunci: Make a Match, aktivitas, hasil belajar
Hasil observasi awal dilakukan di SMP Negeri 20 Malang pada tanggal 26 Oktober 2011, diketahui bahwa kelas VII-D merupakan kelas yang memiliki nilai di bawah standar ketuntasan belajar. Guru belum menggunakan model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran, hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar kurang.
Hasil observasi berikutnya menunjukkan bahwa kegiatan di kelas siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan mengerjakan tugas, siswa cenderung pasif.
Melihat hasil observasi awal yang telah dilakukan, perlu dilakukan upaya-upaya yang mampu memperbaiki kondisi kelas. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan model Make a Match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 20 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini siswa kelas VII-D semester genap tahun ajaran 2011-2012 SMP Negeri 20 Malang dengan jumlah 38 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa diamati selama pembelajaran, sedangkan hasil belajar diukur di setiap tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa rata-rata 18,79 pada siklus pertama dan 23,74 pada siklus kedua dengan peningkatan sebesar 26,34% dari kategori cukup aktif pada siklus pertama dan aktif pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui berdasarkan nilai rata-rata siswa dari tes yang dilakukan di setiap akhir siklus sebesar 66,43 pada siklus pertama dan meningkat menjadi 72 pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa selama dilakukannya tindakan sebesar 8,38%. Peningkatan ini karena penggunaan model Make a Match dan tindakan guru selama pembelajaran untuk mengatasi masalah dalam kelas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-D SMP Negeri 20 Malang pada materi Atmosfer dan Hidrosfer. Guru geografi disarankan menerapkan model pembelajaran Make a Match sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan memperhatikan alokasi waktu dan pengelolaan kelas dengan matang.