SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Potensi Geografis dan Tanggapan Pengunjung terhadap Sapta Pesona Objek Wisata Pantai Popoh Kabupaten Tulungagung

Rani Dodik Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Rani Dodik. Potensi Geografis dan Tanggapan Pengunjung terhadap Sapta Pesona Objek Wisata Pantai Popoh Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si. (II) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M.Si

 

Kata kunci: unsur fisik geografis, kesesuaian pantai, tanggapan pengunjung

 

Pantai Popoh merupakan salah satu objek wisata unggulan yang terdapat di Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan statistik data pengunjung pada tahun 2010 jumlah pengunjung di Pantai Popoh mengalami penurunan. Kondisi dari semua fasilitas dan wahana yang ditawarkan kurang begitu terawat sehingga dapat menimbulkan citra negatif di objek wisata Pantai Popoh. Banyaknya potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal belum digunakan secara optimal untuk pengembangan pariwisata. Oleh karena itu perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam menggali segala potensi pada objek wisata Pantai Popoh Kabupaten Tulungagung. Dalam penelitian ini dikhususkan pada kondisi geografis, karakteristik pantai, dan persepsi pengunjung terhadap objek wisata tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan potensi geografis yang mendukung dalam pengembangan objek wisata Pantai Popoh di Kabupaten Tulungagung. 2) Mengetahui tanggapan pengunjung terhadap Sapta Pesona di objek wisata Pantai Popoh dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Tulungagung.

Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Objek dari penelitian ini adalah karakteristik Pantai Popoh dan tanggapan pengunjung terhadap Sapta Pesona. Jumlah pengunjung yang digunakan untuk yaitu 100 responden dengan metode accidental sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu skoring dan tabulasi tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kondisi geografis objek wisata Pantai Popoh sangat sesuai untuk pariwisata dengan lokasi yang dekat dengan pusat kota, suhu 29 °C, curah hujan 1898 mm/tahun, jenis tanah Litosol, keberadaan air tawar 0,1 km dari objek wisata, dan kemiringan daerah wisata >15%, 2) Karakteristik Pantai Popoh sesuai untuk pariwisata dengan kemiringan sebesar 4,29%, tipe pantai berpasir dan berbatu. Lebar pantai rata-rata sebesar 61,97 meter, material dasar laut karang berpasir, kecepatan angin rata-rata 0,13 m/s, kedalaman perairan di kawasan wisata sebesar 12,7 meter dan kecerahan perairan yang kurang dari 2 meter, penutup lahan pantai berupa pohon kelapa, dan tidak ada biota berbahaya, (3) Persepsi pengunjung terhadap Sapta Pesona yang terdiri dari unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan termasuk dalam kategori sangat sesuai untuk pariwisata.