SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Giving Question and Getting Answers untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII-H (Kelas Olahraga) Semester 2 di SMP RSBI Negeri 1 Batu

Nelya Eka Susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Nelya  Eka.  2012.  Penerapan Model  Pembelajaran  Kooperatif   Giving Question  And Getting Answers Untuk Meningkatkan Aktivitas  dan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII-H  (Kelas Olahraga) Semester 2 di SMP RSBI Negeri 1 Batu. Skripsi,  Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd., M.Si.

 

Kata kunci: pembelajaran kooperatif model GQGA, keaktifan belajar siswa, hasil belajar

 

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP RSBI Negeri  1 Batu  pada September  2011  dan  pada  tanggal  25  Januari  2012,  diketahui bahwa  aktivitas belajar  siswa  tergolong masih  rendah,  hal  ini dapat dilihat pada saat  pembelajaran  berlangsung.  Siswa  cenderung  pasif  atau  aktif  dengan kegiatannya  sendiri  seperti  mengganggu  teman  di  sebelahnya  di  saat  guru menyampaikan materi, siswa kelas VII-H  ini cenderung susah untuk diajak focus pada pembelajaran. Selain  itu diperoleh data bahwa hasil belajar UTS  IPS  siswa pada materi  sebelumnya  tergolong masih  rendah,  karena  hanya  39,1 %  dari  23 siswa  yang  memiliki  nilai  >  70.  Untuk  itu  perlu  diterapkannya  model pembelajaran  inovatif  yang  dapat melibatkan  siswa  secara  aktif  sehingga  dapat berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.

Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  IPS  Geografi  siswa  di  kelas  VII-H  adalah  dengan  menerapkan  model Giving  Question  And  Getting  Answers  (GQGA).  Pada  pembelajaran  ini  siswa mendapat  dua  macam  kartu  indeks.  Kartu  1  (kartu  kuning)  untuk  menuliskan materi  yang belum dikuasai, kartu 2  (kartu hijau) untuk menuliskan materi  yang telah dikuasai. Model  ini  cocok diterapkan di  kelas VII-H  karena  sesuai dengan karakteristik belajar siswa di kelas tersebut yang cenderung malu atau malas untuk bertanya maupun mengungkapkan pendapat.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  GQGA  dapat meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  IPS Geografi  siswa  kelas  VII-H  SMP RSBI  Negeri  1  Batu.  Persentase  rata-rata  aktivitas  siswa  pada  siklus  1  adalah 74,7% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus 2 menjadi 91,9 % dengan kategori  sangat  baik. Sedangkan  rata-rata  hasil  belajar  IPS Geografi  siswa  pada pra  tindakan  sebesar  64,3,  siklus  1  sebesar  64,9  dan  meningkat  pada  siklus  2 menjadi 75,2.

Saran  dalam  penggunaan  model  GQGA  ini  yakni  guru  sebaiknya memberikan penekanan pada saat menjelaskan tata cara model GQGA khususnya ketika menulis pertanyaan yang sulit agar disisihkan dan diskusikan pada kegiatan diskusi  kelas.  Guru  juga  harus  mampu mengorganisasikan  waktu  dengan  tepat karena model ini membutuhkan waktu yang banyak pada pelaksanaannya.