SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penerapan Model Pembelajaran Make A Match, Model Pembelajaran Berkirim Salam Dan Soal Serta Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 3 Batu

Wahyu Dwi Irawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawan, Wahyu Dwi. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Penerapan Model Pembelajaran Make A Match, Model Pembelajaran Berkirim Salam Dan Soal Serta Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 3 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

 

Kata Kunci: Make A Match, Berkirim Salam dan Soal, Ceramah, Hasil Belajar

 

Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat diharapkan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMPN 3 Batu, guru-guru khususnya yang mengajar mata pelajaran IPS Geografi masih melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Peneliti memilih model pembelajaran Make A Match dan Berkirim Salam dan Soal karena model pembelajaran ini pernah peneliti terapkan di kelas VIII SMP Negeri 3 Batu saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), selain itu  kedua model pembelajaran ini memiliki berbagai macam keunggulan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match, Berkirim Salam dan Soal serta metode ceramah pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VII SMP Negeri 3 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) menggunakan model pretest-postest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas VII F sebagai kelas eksperimen I, kelas VII H sebagai kelas eksperimen II dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif. Data pada penelitian ini terdiri dari tiga jenis, yaitu data kemampuan awal siswa, data kemampuan akhir siswa, dan data hasil belajar IPS Geografi siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara skor pretest dan skor postest (gain score). Gain score tersebut dianalisis menggunakan uji Anava Satu Arah (One Way Anova) yang diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II dan kelas kontrol, yakni 26,06 untuk kelas eksperimen I, 23,89 untuk kelas eksperimen II dan 20,72 untuk kelas kontrol. Hasil analisis uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,017