SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kompetensi Mendeskripsikan Siswa Pada Materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup Dalam Kiatannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Negeri 2 Batu

Merisa Ulfah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulfah, Merisa. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kompetensi Mendeskripsikan Siswa Pada Materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup Dalam Kiatannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Negeri 2 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Satti Wagistina, SP, M.Si

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif model TTW, kompetensi mendeskripsikan siswa

 

Hasil observasi yang dilakukan bulan Agustus sampai bulan Oktober di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Batu diketahui bahwa pembelajaran yang berlangsung belum mengembangkan kemampuan mendeskripsikan siswa secara baik. Hal tersebut diperkuat dengan kemampuan mendeskripsikan siswa secara klasikal diketahui bahwa 82% siswa masih belum bisa mendeskripsikan. Selain itu bentuk soal ulangan berupa pilihan ganda yang tidak dapat menggali kompetensi mendeskripsikan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Batu pada Materi Mendeskripsikan Pemanfaatan Lingkungan Hidup Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode deskriptif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan pada materi Mendeskripsikan Pemanfaatan Lingkungan Hidup Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mendeskripsikan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Kompetensi mendeskripsikan siswa pada siklus I mencapai 59,29 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 78,78 %.

Bertitik tolak dari hasil penelitian ini disarankan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW)  dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa, dalam pembelajaran geografi pada materi lain seperti mendeskripsikan aspek geografi, mendeskripsikan tata surya dan jagad raya, dan mendeskripsikan prinsip - prinsip dasar peta dan pemetaan.