SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Krian Kabupaten Sidoarjo

Retno Sriwayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Sriwayanti, Retno. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Krian Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Johanes Paluin Buranda, M.Si.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Generatif, hasil belajar geografi.

 

Kondisi riil pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Krian adalah sumber belajar siswa hanya berasal dari buku teks. Pengetahuan baru yang diperoleh siswa merupakan hasil dari buku teks melalui hafalan, bukan berasal dari konstruksi pemahaman siswa sendiri, sehingga siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan ulangan harian. Dari observasi tiga kelas dari sepuluh kelas di SMA Negeri 1 Krian, rata-rata hanya 50% dari jumlah siswa dalam satu kelas yang dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru, sehingga masalah pembelajaran di SMAN 1 Krian adalah rendahnya hasil belajar siswa. Alternatif strategis yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah hasil belajar tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran generatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Generatif terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Krian Kabupaten Sidoarjo. Penelitian merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji T tidak berpasangan menggunakan program SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Generatif terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMAN 1 Krian Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil analisis data diketahui  bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 23,96 sedangkan siswa kelas kontrol memiliki rata-rata 19,63 dengan nilai taraf signifikansi uji T 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Generatif terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas X SMAN 1 Krian Kabupaten Sidoarjo pada materi Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen.

Disarankan bagi sekolah untuk mengadakan pelatihan, seminar maupun Lesson Study terhadap guru-guru tentang pembelajaran konstruktivisme, khususnya model pembelajaran Generatif dalam kegiatan pembelajaran. Bagi guru Geografi dapat menggunakan model pembelajaran Generatif sebagai alternatif model pembelajaran dengan cara menyelipkan atau mengganti model pembelajaran yang terdapat dalam RPP. Bagi peneliti lanjut yang berminat meneliti model pembelajaran Generatif disarankan untuk menambah variabel penelitian dan mengelola waktu dengan baik agar model pembelajaran Generatif terlaksana dengan baik.