SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pendidikan Karakter yang Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran Geografi Kelas X dan Kelas XI di SMA Negeri 1 Batu

Nabila Nurul Hawa

Abstrak


ABSTRAK

 

Hawa, Nabila Nurul. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter yang Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran Geografi Kelas X dan Kelas XI di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M. Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M. Si.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Geografi, SMAN 1 Batu

 

Pendidikan karakter merupakan salah satu program unggulan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sejak tahun 2010. Proses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan karakter menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan). Sejak tahun ajaran baru 2010/2011 pendidikan karakter telah mulai diberikan pada peserta didik di SMA Negeri 1 Batu secara terintegrasi dalam kurikulum, termasuk dalam mata pelajaran geografi.

Selama ini pelaksanaan pendidikan karakter di SMAN 1 Batu sebatas pada penerapan di dalam dan di luar pembelajaran, akan tetapi belum terlaksana sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penilaian atau evaluasi pendidikan karakter tersebut juga belum dilaksanakan, padahal evaluasi perlu dilakukan sebagai bahan acuan refleksi. Oleh karena itu diperlukan adanya penelitian lebih lanjut mengenai pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum di sekolah.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter yang sesuai dengan tujuan mata pelajaran geografi kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 1 Batu. Karakter yang diteliti tersebut adalah toleransi, kreatif, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, dan peduli lingkungan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Data yang digunakan primer, yaitu berupa pernyataan sikap yang menginterpretasikan pendidikan karakter yang dimiliki peserta didik kelas X dan kelas XI IPS di SMAN 1 Batu dalam mata pelajaran geografi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pemberian angket dan didukung dengan observasi.

Adapun analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui hasil pendidikan karakter yang dimiliki peserta didik. Hasil tersebut dideskripsikan melalui beberapa pernyataan yaitu belum tercapai, mulai tercapai, mulai berkembang, dan membudaya.

Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan bahwa siswa kelas X dan kelas XI IPS di SMAN 1 Batu telah memiliki karakter yang sesuai dengan tujuan mata pelajaran geografi, meskipun pendidikan karakter tersebut belum disampaikan dengan baik dalam pelaksanaan pembelajaran geografi. Pendidikan karakter tersebut dalam kondisi mulai berkembang dan membudaya. Nilai pendidikan karakter siswa kelas XI IPS lebih tinggi daripada kelas X.