SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media CD Pembelajaran Adobe Flash terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Geografi pada Materi Litosfer SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo.

NIA ZUSFIASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Zusfiasari, Nia. 2012. Pengaruh Penggunaan Media CD Pembelajaran Adobe Flash terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Geografi pada Materi Litosfer SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd., (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

 

Kata kunci: Media CD pembelajaran Adobe Flash, hasil belajar.

 

Salah satu landasan teori penggunaan media pembelajaran adalah Kerucut Pengalaman Dale. Hasil belajar seseorang yang paling konkret diperoleh dari pengalaman langsung, dan semakin abstrak bila hanya dengan menggunakan lambang kata. Sekarang ini ada beberapa pilihan media yang ditawarkan dan sudah banyak digunakan, namun dalam pemilihan media yang akan digunakan harus sesuai dengan materi, misalnya media yang akan digunakan untuk menjelaskan materi litosfer. Salah satu media yang dapat membantu menjelaskan materi dan meningkatkan pemahaman siswa adalah media CD pembelajaran dengan program adobe flash. Media ini digunakan karena memiliki beberapa kelebihan, seperti mampu menampilkan animasi bergerak, video, dan dilengkapi dengan audio dan gambar-gambar yang tampilannya menarik. Media ini juga membuat cara berpikir siswa lebih konkrit dan nantinya dengan sendirinya akan lebih meningkatkan pemahaman materi, dari pada apabila di dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan ceramah tanpa adanya kehadiran media.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media CD pembelajaran Adobe  Flash pada litosfer terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 34,47 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 26 dengan nilai probabilitas (sig) pada t hitung adalah 0,005. Berdasarkan analisis data diambil kesimpulan bahwa hasil belajar geografi pada kelas yang menggunakan media CD pembelajaran Adobe Flash lebih baik dari pada kelas yang tidak menggunakan media CD pembelajaran Adobe Flash. Merujuk hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media CD pembelajaran Adobe Flash pada materi litosfer berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan media CD pembelajaran adobe Flash sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi peneliti lain disarankan untuk menggunakan media yang berbeda atau menggunakan media yang serupa pada materi yang berbeda, serta mengukur aspek yang berbeda dari penelitian ini.