SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan, Kondisi Demografi, Lingkungan Biofisik, dan Perawatan Balita terhadap Morbiditas Balita di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri

Wahyu Shobirin

Abstrak


ABSTRAK

 

Shobirin, Wahyu. 2012. Pengaruh Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan, Kondisi Demografi, Lingkungan Biofisik, dan Perawatan Balita terhadap Morbiditas Balita di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budijanto, M.S (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si

 

Kata Kunci: morbiditas balita, hubungan, pengaruh.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah bahwa Kecamatan Puncu termasuk dalam kecamatan yang memiliki tingkat mortalitas dan morbiditas tertinggi di Kabupaten Kediri. Kejadian mortalitas balita pada tahun 2011 sebanyak 32 balita dan kejadian morbiditas balita sebanyak 4081 dari 4416 balita di Kecamatan Puncu. Hal ini berarti hampir semua balita di Kecamatan Puncu pernah mengalami sakit.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat morbiditas balita di Kecamatan Puncu (2) besarnya pengaruh kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, kondisi demografi, lingkungan biofisik, dan perawatan balita terhadap morbiditas balita di kecamatan puncu (3) nilai bobot sumbangan masing-masing variabel terhadap tingkat morbiditas.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan  metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang mempunyai balita sakit dalam tiga bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data sekunder dan data primer. Data sekunder dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, sedangkan data primer dikumpulkan dengan mengunakan kuesioner dan observasi. Setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tabulasi dan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) morbiditas balita di Kecamatan Puncu termasuk tinggi 2) tidak ada pengaruh antara kondisi demografi dengan morbiditas balita, 3) ada pengaruh antara kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, perawatan balita, dan lingkungan biofisik dengan morbiditas balita, 4) perawatan balita merupakan penyumbang terbesar dalam mempengaruhi morbiditas balita.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar meningkatkan sanitasi lingkungan,  lebih memperhatikan kebutuhan balita baik gizi maupun perawatan. Disamping itu untuk ibu-ibu balita lebih mencari dan menambah pengetahuan tentang kesehatan balita, gizi balita, dan perawatan balita.