SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

VALIDASI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) SEMESTER 2 (DUA) MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 1 CLURING TAHUN AJARAN 2010/2011

Heru Subagio

Abstrak


ABSTRAK

 

Subagio, Heru. 2011. Validasi Soal Ujian Akhir Semeser (UAS) Semester 2 (Dua) Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMAN 1 Cluring Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: soal uas geografi, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan opsi jawaban.

 

Soal dikategorikan baik bilamana dapat menjalankan fungsinya sebagai alat ukur. Oleh karena itu, sebelum digunakan atau diujikan soal harus ditelaah terlebih dahulu. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru geografi diketahui bahwa soal yang digunakan dalam Ujian Akhir Semester dibuat sendiri. Soal tidak ditelaah oleh guru, tetapi langsung diujikan kepada siswa dalam UAS sehingga tingkat kevalidan soal tidak diketahui.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan soal yang dibuat guru dari segi kurikuler, bahasa, dan item, reliabilitas, tingkat kesukaran (TK), daya beda (DB), dan opsi jawaban. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembuatan soal terutama untuk soal UAS.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Data penelitian berupa skor jawaban siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian berupa format skor jawaban siswa. Kegiatan analisis data meliputi analisis validitas, reliabilitas, TK, DB, dan opsi jawaban.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh temuan penelitian bahwa UAS Geografi Kelas X Semester Dua Tahun Ajaran 2010/2011 di SMAN 1 Cluring memiliki kualifikasi: validitas kurikuler baik, validitas bahasa  kurang baik, validitas item baik, reliabilitas baik (reliabel), TK baik, DB kurang baik, dan opsi jawaban kurang baik.

Berdasarkan temuan penelitian tersebut, disarankan  bagi guru geografi untuk: melakukan analisis soal dan uji coba terlebih dahulu sebelum naskah UAS geografi diujikan, memperbaiki bahasa soal terutama dalam penulisan tanda baca, dan memperbaiki dalam pembuatan opsi jawaban.