SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X MA Negeri Kandat Kediri

Endah Hapsari Syuhada

Abstrak


ABSTRAK

 

Syuhada, Endah Hapsari. 2012. Pengaruh Pemberian Tugas Tersrtuktur terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X MA Negeri Kandat Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si. (II) Dr. Ach. Amiruddin M.Pd.

 

Kata kunci: metode pemberian tugas terstruktur, hasil belajar

 

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar geografi siswa. Penerapan pembelajaran yang mengaktifkan siswa dalam belajar dapat dilakukan dengan penerapan pembelajaran melalui pemberian tugas terstruktur. Metode pemberian tugas terstruktur dapat menjadi alternatif pemilihan pembelajaran tersebut, karena melalui pemberian tugas terstruktur, siswa focus pada materi yang disajikan guru, kemudian siswa diharuskan untuk berpikir menggunakan kemampuannya dan menjawab soal yang telah diberikan oleh guru.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas X MA Negeri Kandat. Rancangan penelitian menggunakan eksperimen semu (quasy experimen). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Negeri Kandat yang terdiri atas kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes objektif. Teknik analisis data adalah uji t dengan menggunakan komputer program SPSS 14.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MA Negeri Kandat. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata gain score siswa kelas kontrol sebesar 10,78 dan rata-rata gain score siswa kelas eksperimen sebesar 23,28. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai p adalah 0,000. dengan demikian p