SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Kelas VIII SMP Negeri 6 SAMPANG.

Fathor Rahman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahman, Fathor. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Kelas VIII SMP Negeri 6 SAMPANG. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd., (II) Drs. Marhadi Slamet K, M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran Picture and Picture, hasil belajar

 

Pembelajaran merupakan salah satu kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Paradigma pembelajaran sekarang menggunakan paradigma konstruktivisme. Konstruktivisme lebih menitikberatkan pada proses siswa memperoleh dan membangun pengetahuannya sendiri. Siswa harus aktif meningkatkan pemahaman materi,  sehingga hasil belajar mereka meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS Geografi kelas VIII SMP Negeri 6 Sampang pada materi lingkungan hidup. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian pratest-posttes control group design. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas    VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes objektif. Data pada penelitian ini terdiri dari tiga jenis, yaitu data kemampuan awal siswa, data kemampuan akhir siswa dan data hasil belajar IPS Geografi siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara skor pasca tes dan skor pra tes (Gain Score). Gain score tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t dua sampel tidak berpasangan (Independent Samples t test) yang diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan hasil belajar Geografi siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dibuktikan dengan hasil analisis dengan menggunakan  uji  t menunjukkan  bahwa  signifikansi sebesar 0,017. Dengan demikian nilai  signifikansi 0,017 < 0,05, maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata- rata kelas eksperimen sebesar 25,32 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 20,16. Rata-rata hasil  belajar Geografi  siswa  pada  kelas  eksperimen lebih tinggi 5,16 dari pada rata-rata hasil belajar Geografi siswa kelas kontrol. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture and Picture pada kelas eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Geografi kelas VIII materi lingkungan hidup.

Saran untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan model pembelajaran Picture and Picture sebagai model pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi penelitian lain, penelitian ini hanya terbatas pada materi Lingkungan Hidup, untuk itu disarankan untuk mengembangkan pada materi yang lain yang sesuai dengan karakterisitik materi pada model pembelajaran Picture and Picture.