SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PENUGASAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-I SMA NEGERI 1 WARU PAMEKASAN

RINIK LISTIN OKTAVIA

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktavia, Rinik Listin. 2012. Penerapan Penugasan Portofolio untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-I SMA Negeri 1 Waru Pamekasan. Skripsi, Jurusan Pendidikan geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin. M. Pd, (II) Dra. Yuswanti Ariani W. M. Si

 

Kata Kunci: Penugasan Portofolio, Aktivitas, Hasil Belajar Geografi.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal  6 September 2011 di kelas X-I SMA Negeri I Waru Pamekasan diketahui guru yang mengajar geografi itu menggunakan metode ceramah, siswa terlihat kurang aktif di dalam kegiatan pembelajaran. Membuat artikel dan makalah sangat digemari oleh siswa kelas X-I ini. Hal ini tidak lepas dari sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah. Apabila ada tugas membuat artikel atau makalah, guru hanya menyuruh membuat dan mengumpulkan tanpa ada diskusi untuk membahas tugas siswa. Akses internet dan hotspot bisa digunakan siswa tanpa batasan waktu untuk membuat tugas, sarana internet bisa digunakan pada saat pelajaran komputer sedangkan akses hotspot bisa digunakan melalui sarana laptop. Peluang inilah yang dimanfaatkan untuk melakukan penelitian penugasan portofolio.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, Setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan selama 1 jam pelajaran. Subyek penelitian yang digunakan adalah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas XI-IA2 semester genap tahun ajaran 2011-2012 SMA Negeri I Waru Pamekasan yang berjumlah 34 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah data mengerjakan tugas dari guru ( membuat artikel dimana dikumpulkan dan dinilai dalam bentuk penugasan), aktivitas diskusi, dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa diukur menggunakan lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih tes pada siklus I dengan tes pada siklus II.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penugasan portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran geografi dengan menggunakan metode penugasan portofolio dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 54% sedangkan pada pada siklus II meningkat menjadi 84% sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode penugasan portofolio dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebesar 30%.  Sedangkan pada hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-rata 63,2 pada siklus II meningkat menjadi 80,4 sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode penugasan portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 17,2.

Penelitian ini menyarankan untuk menggunakan metode penugasan portofolio dalam kegiatan pembelajaran geografi, kerena membuat siswa lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru dan termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Siswa dapat menilai sendiri sejauh mana mereka memahami materi yang telah dipelajari dan seberapa besar usaha mereka untuk memperbaiki kekurangan dari setiap tugas yang dikerjakan.