SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII PADA MATERI KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUK DI SMP NEGERI II LAREN KABUPATEN LAMONGAN

KIFTIRUL AFNI

Abstrak


ABSTRAK

 

Afni, Kiftirul. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperative Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII Pada Materi Kondisi Geografis dan Penduduk di SMP Negeri II Laren Kabupaten Lamongan.  Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I), Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (II) Satti Wagistina, S.P. M. Si

 

Kata kunci: Model Pembelajaran TPS, Hasil Belajar  

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas VII pada mata pelajaran Geografi, diketahui bahwa pembelajaran di sekolah masih dilakukan dengan metode ceramah, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Kemampuan siswa pada ranah kognitif masih rendah yang ditunjukkan dengan nilai hasil belajar siswa di bawah rata-rata. Selain itu dari 26 siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebesar 100%,  ini terlihat dari nilai rata-rata kurang dari 70. Tidak ada siswa yang mendapatkan nilai di atas 7, yang mendapat nilai 50-70 tediri dari 10 siswa dengan persentasi 38,5%, selebihnya memperoleh  nilai kurang dari 50 dengan persentase 61,5%.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kabupaten Lamongan melalui model pembelajaran TPS pada Materi Kondisi Geografis dan Penduduk. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tindakan berupa penerapan pembelajaran TPS. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan disertai perbaikan tiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Laren kelas VII dengan jumlah 26 siswa. Instrumen penelitian berupa tes penilaian hasil belajar siswa, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, dan catatan lapangan serta instrumen pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap dengan LKS, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan persentase.

Penerapan pembelajaran TPS menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar secara keseluruhan pada perbandingan siklus I dengan siklus II. Indikator keberhasilan untuk ranah kognitif terjadi peningkatan belajar sebesar 26,9%.

Berdasarkan penelitian dikemukakan beberapa saran: a). Bagi siswa disarankan untuk memperhatikan guru saat menjelaskan, aktif saat pembelajaran, berani mengungkapkan pendapat, dan jangan ramai saat pembelajaran berlangsung b). Guru juga sebaiknya memberikan penjelasan tentang model TPS kepada siswa dengan jelas sehingga siswa tidak merasa bingung dan guru harus memperhatikan alokasi waktu yang terdapat pada RPP supaya tahap-tahap dalam TPS dapat berjalan dengan baik.c). Bagi peneliti agar dikembangkan lebih lanjut pada materi lain, mata pelajaran lain. dan hendaknya semua aspek yang dapat mengganggu proses pembelajaran dihindari, seperti alokasi waktu yang tepat, membuat LKS dengan bahasa yang lugas dan komunikatif, dan menciptakan suasana yang memberikan kenyamanan bagi siswa untuk belajar.

ABSTRACT

 

Afni, Kiftirul. 2011.the Implementation Of cooperative Learning Think Pair Share To Increasing Geography Learning Result Of  7 Grade with Topic Geography and Social Condition in State Junior High School (SMPN) II Laren Lamongan Regency. Thesis for Geografi FIS Stete University Malang. The Supervisors are: (I), Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (II) Satti Wagistina, S.P. M. Si

 

Keywords: The model TPS , Learning Achievement.

The begining  principle observation suitable in the class VII study geography, of that learning in the school does by chat method, so that students hanging passive within learning. Student’s capaple on kognitiv  range lower achievement by value learning result student porter.. From 26 student’s can’t answer the questioner on take teacher big 100%, this look from value less 70. No body student can value above 70. Can value 50-70 to be 10 student’s by presentation 38,5%, more can value less from 50 by presentation 61,5%.

 The research has a purpose to improve the geography learning achievement among the students of SMPN II Laren, Lamongan Regency whit  model TPS the Matter Geography and Social Condition . The approachedused the in this research is qualitative approach , the research is is this class observation research whit and implementation model TPS. This research 2 cycle and one cycle does from two time meet whit repaire every siklus. This subjek research is student’s SMPN II Laren VII grade whit 26 student’s. The research instrument is value test learning result student, observation thread learning model, and documentation field and instrument learning is RPP whit LKS, and used tachnics analysis data is analysis statistic deskriptif and presentation.

The research show implementation learning of TPS is result learning student’s increasing. This is look from learning completeness enough comparisen sycle 1 and sycle 2. Indicator succed to kognitiv range incearing learning big 26,9%.

The begining research give suggestion: a) for student suggestion to loking teacher’s moment clarify, active moment learning, audacious take argument, and don’t busy moment learning, b) teacher better take clarivication about model TPS for student’s by clear, so that student not confused and teacher looking time allocation in the RPP so that stape in the model TPS can road whit good, c) for research so that twinning more advanced to other matter, and all aspect can disturb pull  learning proses, like time alocation precise, LKS whit language simle and Comunicative, and conceive milieu pleasant for student’s to learning.