SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTIK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SINGOSARI KABUPATEN MALANG

RATIH YOHANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Yohana, Ratih. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geogarfi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M. Si

 

Kata Kunci: Model Snowball Throwing, IPS SMP, hasil belajar.

 

Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Singosari masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi belajar ujian Tengah Semester I diketahui bahwa nilai rata-rata kelas VIII A adalah 70. Dikelas VIII ini, nilai tertingginya 85 dan nilai terendahnya 33, dengan Standart Ketuntasan Minimal (SKM) 75, siswa yang berada tepat dan diatas SKM sebanyak 23 anak (52 %) dan dibawah SKM sebanyak 14 anak (48%).

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peleksanaan pembelajaran IPS materi memahami kondidi fisik wilayah Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing untukl siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Singosari Kabupaten Malang. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS memahami kondidi fisik wilayah Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing untuk siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Singosari Kabupaten Malang.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammmadiyah 4 Singosari Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakdakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) Refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan 5 teknik, yaitu (1) observasi, (2) wawancara, (3) Tes. (4) Dokumentasi, dan (5) Catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif.

Hasil penelitian model SnowballThrowing dapat dikatakan berhasil. Hal ini terlihat dari terjadinya peningkatan hasil pengamatan yang dilakukan observasi pada tiap pertemuan. Hasil belajar siswa dari siklus I mencapai ketuntasan 80 % dan siklus II mencapai 100%. Telah terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II sebesar 20%. Tingkat aktivitas siswa pada siklus I masih ada 5 siswa yang termasuk dalam kategori cukup, tetapi telah terjadi peninngkatan pada siklus II terbukti siswa memperoleh minimal kategori baik. Berdasrkan hasil penelitian, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A mengalami peningkatan.

Oleh karena itu berdasarkan penelitian ini disarankan: bagi guru dapat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan bagi peneliti lain, dapat digunakan untuk langkah awal melakukan penelitian lebih lanjut.