SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STADUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJARGEOGRAFIKELAS X 9SMAN 1 PURWOSARI KOMPETENSI DASARMENDESKRIPSIKAN TATA SURYA DAN JAGAD RAYA

Binawan Rasi Putro

Abstrak


ABSTRAK

 

Putro, Binawan Rasi. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Kelas X 9 SMAN 1 Purwosari Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Tata Surya Dan Jagad Raya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Drs. J. P. Buranda, M.Si.

 

Kata Kunci: model kooperatif STAD, keaktifan siswa.

 

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 3 dan 10 Septeber 2011, diketahui bahwa pembelajaran masih menggunakan metode klasik, yaitu guru sebagai pusat pembelajaran. Keaktifan  belajar siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Purwosari masih rendah. Dari 40 siswa, siswa yang aktif dalam bertanya sebanyak 5 siswa (12,5%), berpendapat sebanyak 5 siswa (12,5%), dan menjawab pertanyaan sebanyak 6 siswa (15%). Berdasarkan wawancara dengan 12 siswa, mereka mengatakan bahwa bidang studi Geografi sangat membosankan karena terlalu banyak konsep yang harus dihafalkan, siswa juga banyak yang kurang memahami tentang kegunaan, manfaat dan penerapan pembelajaran geografi dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan permasalahan di atas, diterapkan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dimana  model pembelajaran ini dapat melatih siswa untuk bekerjasama dan memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data diperoleh dari lembar observasi dan catatan lapangan. Penelitian dilaksanakan di kelas X-9 SMA Negeri 1 Purwosari dengan jumlah siswa 40 orang, pada materi Mendeskripsikan Tata Surya dan Jagad Raya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat bahwa rata-rata keaktifan kelompok siswa pada siklus I 69,5% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II dan keaktifan siswa (individu) pada siklus I 40% menjadi 85% pada siklus II.

Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan keaktifan kelompok belajar dan keaktifan siswa individu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut. Saran yang diajukan dalam penelelitian ini yaitu: (1) Bagi guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD sebagai salah satu model pembelajaran alternatif agar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, yaitu dengan mengubah langkah-langkah pembelajaran dalam RPP sesuai sintaks STAD, (2) Bagi sekolah disarankan untuk menerapkan model kooperatif STAD dalam meningkatkan kualitas/mutu pembelajaran di sekolah, pengetahuan STAD dapat doperoleh melalui seminar dan pelatihan-pelatihan tentang pembelajaran STAD, (3) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk mengkaji model kooperatif STAD dengan variabel yang berbeda, seperti motivasi belajar, hasil belajar, dst.