SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALLING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATU

ASVIANA FILDASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fildasari, Asviana. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Snowballing terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Kelas VIII SMP Negeri 3 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Rahayu, M.Si. (II) Ir. Juarti, M.P

 

Kata kunci:  hasil belajar, model pembelajaran snowballing

 

Model pembelajaran merupakan bagian penting yang digunakan dalam upaya pencapaian hasil belajar yang maksimal. Dengan adanya model pembelajaran yang tepat, proses pembelajaran dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan mencapai tujuan pembelajaran serta hasil belajar yang optimal. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang diharapkan, upaya yang dilakukan seorang guru adalah dengan cara memperhatikan pola belajar siswa, menguasai materi pelajaran, memilih metode dan model pembelajaran yang tepat dan tidak membosankan serta melakukan proses pembelajaran yang efektif. Dewasa ini terdapat berbagai model pembelajaran yang telah dikembangkan dalam rangka meningkatkan keterlibatan siswa. salah satu model pembelajaran berpusat pada siswa dan dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa adalah snowballing, Model ini digunakan untuk mendapatkan jawaban yang dihasilkan dari diskusi siswa secara bertingkat. Diskusi mulai dari kelompok kecil secara berpasangan kemudian dilanjutkan dengan kelompok besar yang pada akhirnya akan memunculkan jawaban-jawaban yang telah disepakati oleh seluruh anggota kelompok.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran snowballing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batu. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu model pembelajaran snowballing sebagai variabel bebas dan hasil belajar geografi sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Batu semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 bidang studi IPS Geografi Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), menggunakan rancangan Pretest-posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batu. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari pretes  dan postes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPS Geografi siswa yang menggunakan Model Snowballing lebih baik dari pada siswa yang menggunakan Model Direct Instructional, dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penggunaan Model Snowballing berpengaruh pada hasil belajar IPS Geografi siswa. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi Disarankan untuk menggunakan  model pembelajaran Snowballing sebagai alternatif  model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengujicobakan Model Snowballing pada materi yang berbeda dalam bidang studi geografi dan jenjang kelas atau sekolah yang lebih tinggi.