SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 MAN KANDAT KEDIRI

Afif Nur Ardhyanawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardhyanawati, Afif Nur. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Kandat Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof, Dr Sumarmi M.Pd (II) Drs. M. Yusuf Idris

 

Kata Kunci: Model Think Pair Share, Keaktifan belajar siswa

 

Pembelajaran merupakan kegiatan untuk membelajarkan siswa agar belajar dengan baik, sehingga dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Pembelajaran geografi di kelas XI IPS 2 MAN Kandat Kediri masih menggunakan metode tradisional sehingga siswa kurang aktif  yang disebabkan sebagian besar pembelajaran  masih didominasi oleh guru sehingga berdasarkan observasi siswa yang  terlihat kurang aktif belajar mencapai 14 orang atau 67% dari 21 siswa, sedangkan siswa yang aktif belajar mencapai 7 orang atau  33% dari 21 siswa dalam kelas. Faktor ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak mendorong keaktifan siswa dalam belajar, karena guru sering menggunakan model ceramah dalam kegiatan pembelajaran dan jarang menggunakan model - model pembelajaran yang bervaiasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share  (TPS)  dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam bidang geografi. Berdasarkan tujuan yang dirumuskan, maka penelitian ini menggunakan penelitian Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Pelaksanan tindakan kelas ini akan dilakukan minimal dalam dua siklus, jika belum mengalami peningkatan maka dilanjutkan ke siklus berikutnya untuk mencapai taraf keberhasilan tindakan. Dalam setiap siklusnya terdiri empat tahap kegiatan. Tahapan tersebut meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktifitas belajar  selama pelaksanaan pembelajaran model Think Pair Share (TPS) antara lain: pada observasi awal keaktifan belajar siswa mencapai 33 %. Pada siklus I, bahwa keaktifan belajar siswa meningkat dari sebesar 65%. Pada siklus II, bahwa keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 86%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Kandat Kediri.

Saran yang diajukan dalam penelelitian ini yaitu: (1) Bagi Sekolah hendaknya pihak sekolah memotivasi guru untuk menerapkan pembelajaran model Think Pair Share  atau pembelajaran lainagar permasalahan pembelajaran dapat diatasi. (2) Bagi Guru hendaknya mulai mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif baik model Think Pair Share maupun model lainnya di dalam pembelajaran, karena model tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. (3) Siswa disarankan untuk memanfaatkan waktu dengan baik, sehingga setiap tahapan yang ada dalam proses pembelajaran Think Pair Share dapat terlaksana dengan baik.