SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-5 DI SMAN 1 PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN

YUSTINA WAHYU PURBANINGSIH

Abstrak


ABSTRAK

 

Purbaningsih, Yustina Wahyu. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-5 Di SMA N 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar.

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMA N 1 Purwosari,  didapatkan suatu keadaan bahwa proses pembelajaran di kelas X-5  masih belum maksimal. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru geografi hanya menggunakan model ceramah tanpa melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa cenderung hanya menerima apa yang diberikan oleh guru, dan jarang secara mandiri berupaya memperoleh pengetahuan tersebut. Sebagai dampaknya interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru dalam menguasai kompetensi yang dipelajari belum optimal.

Hasil belajar Geografi siswa kelas X-5 tergolong rendah dimana sebagian besar siswa nilainya masih di bawah SKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengajukan alternatif model pembelajaran, yaitu dengan  model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai salah satu alternative untuk mengembangkan potensi serta kompetensi yang dimiliki siswa, baik potensi kognitif, afektif maupun psikomotor.

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan November 2011. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-5 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) antara lain: pada observasi awal hasil belajar siswa rendah, masih banyak siswa yang nilainya di bawah SKM. Pada siklus I, bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus II, bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari pada siklus I. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri Purwosari.