SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SEMESTER 1 SMP LAB UM PADA KD MENDESKRIPSIKAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

ABDUL BASIT

Abstrak


ABSTRAK

 

Basit, Abdul. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C Semester I SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (2) Drs. Marhadi Slamet K., M. Si

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model GI, Aktivitas, Hasil Belajar Geografi

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2011 di kelas VIII C SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa 75% kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru mata pelajaran, siswa hanya duduk untuk mencatat dan mendengarkan ceramah guru sedangkan untuk kegiatan tindak lanjut, siswa harus mengerjakan modul yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran. Hasil wawancara diketahui bahwa hanya 9 dari 32 siswa yang mampu tuntas dan memenuhi KKM di sekolah yaitu 70.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII C SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Siswa yang mempunyai nilai rendah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan diberlakukan pada kelas VIII C semester I di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dan pada pokok bahasan mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VIII C SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang setelah pelaksanaan proses pembelajaran GI siklus I dan siklus II. Tes hasil belajar diperoleh peningkatan ketuntasan dari siklus satu yaitu 66% naik menjadi 84% pada siklus dua dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus satu yaitu 66,25 menjadi 78,59 pada siklus dua. Persentase peningkatan pada penelitian ini sebanyak  18,53%. Sedangkan aktivitas belajar pada siklus I yaitu 50% dan siklus II yaitu 88% dengan presentase peningkatan sebesar 20,80%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan yaitu model pembelajaran Group Investigation dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang berguna dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.