SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MATERI HIDROSFER SISWA KELAS X3 SMA LABORATORIUM UM MALANG

INGE DEVY ANITASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Anitasari, Inge Devy. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Materi Hidrosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Pada Siswa Kelas X3 SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Timotius Suwarna, M. Pd, (2) Drs. Marhadi Slamet Krisyanto, M. Si.

 

Kata Kunci: Picture And Picture, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa.

 

Salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran adalah proses pembelajaran yang kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan karena pemilihan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakter siswa dan materi pelajaran, sehingga menyebabkan siswa tidak begitu antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Permasalahan tersebut dapat menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa menurun. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X3 didapatkan data bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum penelitian yaitu 6,9. Rendahnya aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada hasil belajar, nilai rata-rata siswa sebesar 53,01. Sehingga, perlu upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Picture And Picture.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X3 SMA Laboratorium UM Malang pada mata pelajaran Geografi materi “Hidrosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan” dengan model pembelajaran Picture And Picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2011. Data dalam penelitian ini terdiri dari data aktivitas dan hasil belajar siswa. Instrument penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi dan tes tulis. Data nilai aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara membandingkan nilai keaktifan dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada saat Observasi Awal, Siklus I, Siklus II, dan siklus berikutnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada saat observasi awal hanya 6,9, sedangkan pada Siklus I meningkat menjadi 9,95. Setelah dilakukan Siklus II, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 12,41. Penerapan model pembelajaran Picture And Picture  tidak hanya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa melainkan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dokumen nilai siswa pada saat observasi awal, nilai rata-rata siswa sebesar 53,01. Pada Siklus I nilai rata-rata meningkat sebesar 75,56 dan pada Siklus II meningkat menjadi 83,37. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru Geografi di SMA Laboratorium UM Malang agar menggunakan model pembelajaran Picture And Picture sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, agar kualitas pembelajaran semakin meningkat.