SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MTs SURYA BUANA MALANG DALAM MATA PELAJARAN IPS GESOGRAFI

DEWI HUSNUL AMALINA

Abstrak


ABSTRAK

 

Amalina, Dewi Husnul. 2011. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Siswa MTs Surya Buana Malang dalam Mata Pelajaran IPS Geografi. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata kunci: motivasi belajar, lingkungan belajar, minat belajar.

 

Pembelajaran geografi merupakan pembelajaran yang memberikan wawasan yang berkenaan dengan wilayah-wilayah. Namun pada kenyataanya mata pelajaran geografi sering dianggap siswa sebagai mata pelajaran yang membosankan dan kurang menyenangkan. Hal tersebut sesuai dengan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru geografi di MTs Surya Buana Malang pada tanggal 12 Juli 2011 menyatakan bahwa “saat proses pembelajaran geografi, siswa terlihat kurang memiliki antusias atau perhatian lebih dalam menerima materi pelajaran geografi”. Dengan demikian motivasi dan lingkungan belajar sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam suatu mata pelajaran. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui ”Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Siswa MTS Surya Buana Malang Dalam Mata Pelajaran IPS Geografi”.

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap minat siswa MTs Surya Buana Malang dalam mata pelajaran IPS geografi, 2) mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap minat siswa MTs Surya Buana Malang dalam  mata pelajaran IPS geografi 3) mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap minat siswa MTs Surya Buana Malang dalam mata pelajaran IPS geografi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Subjek penelitian yaitu siswa MTs Surya Buana Malang dengan sampel berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik korelasional untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat dengan nilai sig t (0,000) < 0,05 dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap minat dengan nilai sig t (0,001) < 0,05 serta secara simultan motivasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap minat dengan nilai sig F (0,000) < 0,05.

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) bagi guru mata pelajaran geografi khususnya dan bagi guru pada umumnya, diharapkan mampu menumbuhkan minat siswa untuk belajar lebih giat lagi bukan hanya berorentasi pada SKM, serta menghimbau siswanya untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya guna menunjang proses pembelajaran, (2) bagi siswa hendaknya dapat memotivasi dirinya sendiri untuk berprestasi dan dapat mengatur waktu sebaik mungkin untuk belajar, (3) bagi peneliti lain, diharapkan dapat menggali lagi variabel-variabel lain selain motivasi belajar dan lingkungan belajar yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa dalam suatu mata pelajaran tertentu.