SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIV TOPIK "AIR PERMUKAAN DAN PEMANFAATANNYA BAGI AKTIVITAS MANUSIA" KARYA SULTON

DWI KURNIAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Dwi. 2011. Analisis Media Pembelajaran CD Interaktif Topik "Air Permukaan dan Pemanfaatannya bagi Aktivitas Manusia. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd dan Pembimbing (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: Pembelajaran CD Interaktif, Analisis Media

 

Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar berperan sangat  penting  dan  turut menentukan  keberhasilan  proses  pembelajaran. Media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga  berdampak  pula  pada  peningkatan  prestasi  belajarnya, maka  dibutuhkan  sebuah media pembelajaran  yang  dapat  menampilkan  penyajian  materi  secara  menarik  dan informatif  dibandingkan  dengan  membaca  media  cetak,  buku  teks,  LKS,  dan modul atau mendengarkan dari guru saja.

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui  fungsi media, tampilan media, kesesuaian media dengan  tujuan pembelajaran dan nilai estetika media yang terdapat dalam media pembelajaran CD interaktif topik "Air Pemukaan dan Pemanfaatannya bagi Aktivitas Manusia" karya Sulton.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  analisis  isi  yang  bertujuan  untuk membuat  referensi-referensi  yang  dapat  ditiru  dan  sahih  data  dalam  konteknya. Pengambilan  data  dilakukan  dengan  menggunakan  instrumen  penilaian  media pembelajaran berupa pedoman analisis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rubrik penilaian media pembelajaran.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  media  pembelajaran  CD  interaktif topik "Air Pemukaan dan Pemanfaatannya bagi Aktivitas Manusia" karya Sulton yang terdiri dari fungsi media sebagai konsep yang terdiri dari  konsep terdefinisi dan konsep konkrit masih dikategorikan salah,  tampilan media sudah cukup baik yang  terdiri dari  suara, warna, dan animasi  tetapi  tampilan mengenai  teks masih terdapat banyak kesalahan yaitu tentang kebenaran bahasa masih tergolong rendah (dari  segi  ejaan,  kosakata,  dan  kalimat),  kesesuaian  isi media  pembelajaran  dengan tujuan pembelajarannya masih banyak yang kurang. Sedangkan nilai estetika media pembelajaran secara keseluruhan sudah bagus

Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa media  pembelajaran CD interaktif topik "Air Pemukaan dan Pemanfaatannya bagi Aktivitas Manusia"  karya  Sulton  masih  memiliki  banyak  kesalahan  terutama  dari  segi  fungsi media sebagai konsep, bahasa, dan tujuan pembelajarannya. Dari hasil kesimpulan disarankan beberapa hal yaitu: (1) guru dapat menjadikan media pembelajaran CD interaktif  ini  sebagai  bahan  pembelajaran  dengan  beberapa  catatan  yang  harus diperhatikan,  (2) media  pembelajaran CD  interaktif    karya Sulton  perlu  direvisi agar  layak  digunakan  dalam  proses  pembelajaran  (3)  peneliti  lain  dapat menggunakan media pembelajaran CD  interaktif  ini untuk dijadikan penelitian eksperimen yang berusahamenguji efektivitasnya dibanding dengan media lain.