SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ANSWERED QUESTIONS STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS 8 SMP LABORATORIUM UM MALANG

ELOK TRIDIYANTI RACHMA

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachma, Elok Tridiyanti. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Answered Questions Stick terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd (II) Dra. Yuswanti Ariani W, M.Si.

 

Kata Kunci:  Answered Questions Stick, hasil belajar geografi

 

Melalui pembaharuan di bidang kurikulum dan pembelajaran yang semula berpusat pada guru beralih berpusat pada murid, mengubah sistem pembelajaran yang awalnya lebih menekankan pada penguasaan materi menjadi sistem pembelajaran yang lebih menekankan pada keterampilan proses dan kemampuan siswa dalam menemukan dan memahami materi pembelajaran yang dipelajari. Dalam pembaharuan sistem pembelajaran tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa serta dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik adalah model pembelajaran Answered Questions Stick. Keunggulan model ini adalah menguji kesiapan siswa, melatih siswa untuk mengungkapkan gagasan, meningkatkan motivasi belajar siswa, dan menjadikan siswa lebih giat belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Answered Questions Stick terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang materi Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya terhadap Pembangunan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas 8 D sebagai kelas eksperimen dan kelas 8 E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subjektif. Data pada penelitian ini terdiri dari data prates (kemampuan awal siswa), data pascates (kemampuan akhir siswa), dan data hasil belajar IPS Geografi siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara skor pascates dan skor prates (gain score). Gain score tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t dua sampel tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yakni 18,97 untuk kelas eksperimen dan 13,73 untuk kelas kontrol.

Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,015 < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Answered Questions Stick terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM Malang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru IPS Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Answered Questions Stick sebagai variasi model pembelajaran karena dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini hanya terbatas pada materi Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya terhadap Pembangunan, untuk itu disarankan untuk dilakukan pada materi yang lain.