SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan keterampilan bertanya untuk meningkatkan hasil belajar geografi pokok bahasan hidrosfer pada siswa kelas X-G MAN Malang I

Lilik Nurwahyuni

Abstrak


 Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di MAN Malang I diketahui bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan keterampilan bertanya masih belum diterapkan secara maksimal. Sebenarnya guru sudah mengajukan pertanyaan secara maksimal kepada siswa tetapi masih ada beberapa kekurangan guru dalam mengajukan pertanyaan baik dari cara bertanya maupun isi pertanyaan. Hal seperti ini menyebabkan keterlibatan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran masih kurang yang pada akhirnya hasil belajar tidak optimal. Sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut maka guru perlu memahami dan menguasai keterampilan bertanya.

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban dari rumusan masalah apakah penerapan keterampilan bertanya dapat meningkatkan hasil belajar siswa Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Geografi dengan diterapkannya keterampilan bertanya.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2007/2008, tepatnya pada bulan Mei-Juni 2008. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-G MAN Malang I dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes yang kemudian dianalisis secara sistematis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan keterampilan bertanya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat sebelum diberi tindakan hasil belajar siswa rata-rata 63 meningkat pada siklus I diperoleh rata-rata 71,06, selanjutnya pada siklus II menjadi 80,84. Selain itu terjadi peningkatan keinginan siswa menjawab pertanyaan yaitu pada siklus I diperoleh 10,27% dan pada siklus II menjadi 16,85% sehingga terjadi peningkatan 6,58%. Keinginan bertanya siswa pun juga meningkat, pada siklus I diperoleh 1,03% dan siklus II diperoleh 2,46% sehingga terjadi peningkatan 1,43%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan keterampilan bertanya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya di MAN Malang I. Temuan lainnya yaitu siswa lebih berani dalam menjawab dan bertanya selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya pada pokok bahasan hidrosfer.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru Geografi hendaknya menerapkan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran Geografi. Hal tersebut sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Pelaksanaannya menyesuaikan pokok bahasan yang akan disampaikan.