SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis bahan ajar geografi kelas X pada kompetensi dasar hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi

Resky Pramudya Wardani

Abstrak


Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran telah dilakukan berbagai upaya, salah satunya dengan meningkatkan dan mengembangkan bahan ajar yang berupa buku ajar. Buku ajar berperan penting untuk menyampaikan informasi atau ilmu pengetahuan baru. Dalam pengukuran kualitas buku harus diperhatikan aspek-aspek penting yaitu kebenaran konsep, bahasa, dan penyajian gambar. Banyak guru cenderung menganggap keseluruhan buku itu benar dan menerima apa adanya tanpa menganalisis terlebih dahulu isi materi. Pada observasi awal, satu dari tiga buku yang paling banyak digunakan di SMA Negeri se-Kota Malang, banyak mengandung kesalahan konsep dan bahasa. Hal ini akan menyesatkan siswa dalam menerima pengetahuan berikutnya dan sangat sulit dibetulkan kembali karena dalam pemikiran siswa biasanya bersifat tetap (permanen).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kesalahan konsep, (2) kejelasan bahasa, dan (3) fungsi media atau gambar, pada buku ajar geografi kelas X. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik analisis isi, yaitu teknik penelitian yang memanfaatkan separangkat prosedur untuk menarik kesimpulan dari sebuah buku atau dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah buku ajar geografi kelas X yang digunakan di SMA se-Kota Malang pada tahun ajaran 2007/2008, yaitu: (1) Wardiyatmoko, K. 2006. Geografi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga; (2) Sugara, I dan Mulya. 2007. Geografi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Piranti Darma Kalokataman; dan (3) Ariwibowo, Y. 2006. Geografi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Ganeca. Adapun sampel yang digunakan penelitian ini adalah dengan mempertimbangkan bahwa buku ajar tersebut telah banyak beredar di pasaran dan banyak dipakai di SMA Negeri di Kota Malang. Akhirnya diperoleh buku ajar geogarfi: Sugara, I dan Mulya. 2007. Geografi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Piranti Darma Kalokataman.

Hasil penelitian pada kesalahan konsep menunjukan 8,77% , ini berarti tingkat kesalahan konsep tergolong sangat rendah. Kejelasan bahasa dalam buku ajar geografi tergolong rendah dan masih memerlukan revisi lebih lanjut. Hal ini terbukti banyak ditemukan kesalahan bahasa yang dapat dikelompokkan menjadi empat kesalahan, yaitu; paragraf, kalimat, kosakata dan tanda baca. Dan yang terakhir adalah fungsi media atau gambar, dari 30 gambar 11 gambar mempunyai fungsi sebagai ilustrasi yang menjelaskan suatu konsep, 10 gambar sebagai contoh nyata yang ada di lapangan, 5 gambar sebagai pemanis atau tidak berfungsi dan 4 gambar sebagai informasi yang sesuai dengan materi.

Teks Penuh: DOC PDF