SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan media CD pembelajaran geografi menggunakan komputer untuk topik bumi dan perkembangannya dengan aplikasi macromedia flash MX dan 3D studio max

Muhammad Aris Fahroni

Abstrak


Materi bumi dan perkembangannya merupakan materi pelajaran geografi yang mengkaji tentang proses alam dan objek alam dalam skala ruang yang luas, sehingga dalam penjelasannya tidak cukup hanya dengan cara lisan saja. Kondisi ini menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi, khususnya proses-proses alam, seperti: susunan tata surya, terbentuknya tata surya, terpecahnya benua serta tabrakan lempeng tektonik. Hal tersebut disebabkan guru kesulitan untuk menunjukkan secara langsung proses-proses alam di dalam kelas. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif.

Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat menunjukkan proses terjadinya tata surya khususnya bumi dan proses perkembangannya yang dapat membantu siswa memahami materi. Media ini dikembangkan dengan menggunakan program macromedia flash mx dan 3D studio max yang merupakan program animasi yang dapat menggabungkan antara teks, gambar, dan animasi sehingga proses terjadinya bumi, perkembangan bentuk muka bumi dapat dipresentasikan.

Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, yang terdiri dari kegiatan identifikasi kompetensi dasar dan indikator, analisis bahan ajar, desain media, produksi, editing, prototipe media, validasi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Data penelitian bersifat kuantitatif dan diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta data hasil uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase.

Hasil uji validasi diketahui bahwa media ini "valid". Hasil uji coba produk diperoleh nilai 88 % dengan kriteria "layak". Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut, disimpulkan bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Dari temuan penelitian disarankan guna meningkatkan manfaat dan pengembangan CD pembelajaran yang akan datang adalah: (1) guru hendaknya menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk materi bumi dan perkembangannya, (2) digunakan LCD Proyektor untuk memperoleh tampilan yang lebih besar (3) pengembang produk yang akan datang dapat membuat produk untuk pokok bahasan lainnya seperti: litosfer, dan atmosfer.

Teks Penuh: DOC PDF