SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan pembelajaran kooperatif model showball throwing untuk meningktkan hasil belajar bidang studi geografi materi sumber daya alam pada siswa kelas XI IPS Semester I SMAN Patianrowo Kabupaten Nganjuk

Puji Rahayu

Abstrak


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 15 dan 22 Agustus serta 14 Oktober 2008 di kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Patianrowo diketahui bahwa kelas ini mendapatkan nilai rendah dan siswa cenderung pasif dibanding dengan kelas IPS lainnya. Ditunjukkan adanya siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran Geografi. Adanya kondisi yang terkesan membosankan bagi siswa berdampak pula pada nilai pelajaran Geografi yang rendah, dari data diperoleh siswa yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 12 siswa saja dan 28 siswa mendapat nilai di bawah 75 dengan rata-rata nilai kelas sebesar 64.98. Dampak lebih jauh dari kondisi pembelajaran semacam itu adalah kegagalan siswa dalam mengembangkan pengetahuan, antusias siswa dalam berpendapat serta sikap positif terhadap mata pelajaran Geografi. Akibatnya mata pelajaran Geografi kurang diminati para siswa di SMA Negeri 1 Patianrowo. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing diharapkan dapat menjadikan alternatif mengatasi permasalahan tersebut sehingga siswa akan tertarik dan aktif dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Geografi.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bidang studi Geografi materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas XI IPS-2 semester I SMAN 1 Patianrowo melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa proses pembelajaran siswa dan nilai hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi proses pembelajaran dan catatan lapangan serta dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Patianrowo ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar diketahui dari nilai rata-rata Pra-tindakan sebesar 64.98 meningkat pada Siklus I menjadi 71.93, dan pada Siklus II meningkat menjadi 81.80.

Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, diberikan saran hendaknya guru mata pelajaran Geografi dalam pembelajaran geografi perlu dilakukan dengan model Snowball Throwing karena sangat mendukung untuk meningkatkan kecerdasan, keaktifan dan hasil belajar siswa.