SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Pengalaman Mengajar, Profesionalitas, dan Kompetensi Guru SMA/MA di Kabupaten Pamekasan Tahun 2011

Mohammad Ansyori

Abstrak


ABSTRAK

 

Ansyori, Mohammad. 2011. Profil Pengalaman Mengajar, Profesionalitas, dan Kompetensi Guru Geografi SMA/MA di Kabupaten Pemekasan. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Dwiyono H.U, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Pengalaman Mengajar, Profesionalitas, Kompetensi Guru

 

Tantangan kehidupan pada era globalisasi seperti saat ini semakin berat, begitupula dengan tanggungjawab yang dibebankan kepada guru kian hari semakin berat. Pada bidang studi Ilmu sosial, guru dituntut lebih bekerja keras lagi untuk meningkatkan  kinerja mengajarnya. Hal ini dikarenakan selama beberapa tahun, nyaris tidak ada prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh siswa pada tingkat sekolah menengah dalam bidang ilmu sosial. Mata pelajaran  Geografi sulit dimengerti oleh siswa. Sukarnya siswa dalam memahami materi Geografi bukan dikarenakan materinya yang sulit dipahami, namun lebih disebabkan oleh kurang jelasnya penyampaian materi oleh guru selama kegiatan pembelajaran.  Hal itu menandakan buruknya kinerja guru dalam mengajar, khususnya guru mata pelajaran Geografi. Salah satu faktor yang dianggap menentukan baik buruknya kompetensi mengajar guru dan dijadikan sebagai syarat kelulusan sertifikasi, adalah pengalaman mengajar serta profesionalitas.

Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis permasalahan terkait dengan pengalaman mengajar, profesionalitas (keikutsertaan guru dalam seminar dan penataran) serta kompetensi guru Geografi SMA/MA di Kab. Pamekasan. Rumusan maslah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1)  Bagaimana pengalaman mengajar guru Geografi SMA/MA di Kabupaten Pamekasan, (2) Bagaimana profesionalitas guru Geografi SMA/MA di Kabupaten Pamekasan, dan (3) Bagaimana kompetensi guru Geografi SMA/MA di Kabupaten Pamekasan.

Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara secara bebas untuk mengumpulkan data pengalaman mengajar dan profesionalitas, teknik dokumentasi untuk memperoleh data pendukung yang terkait dengan pengalaman mengajar, profesionalitas dan kompetensi mengajar guru, serta observasi untuk data kompetensi guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar (46%) guru Geografi SMA/MA di Pamekasan kurang berpengalaman. Jumlah guru yang memilki kriteria profesionalitas rendah dan sangat rendah menduduki posisi terbanyak yakni masing-masing 27%. sehingga dapat dikatakan profesionalitas guru Geografi SMA/MA di Pamekasan tergolong dalam kriteria rendah. Sebagian besar yaitu 6 orang guru memiliki kriteria sangat kurang berpengalaman, dan profesionalitasnya sangat rendah. Sebagian besar (60%) guru Geografi SMA/MA di Pamekasan tergolong dalam kategori kurang kompeten. Sebagian besar yaitu 8 orang guru memilki kriteria kurang berpengalaman dan kurang kompeten. Sebagian besar yaitu 5 orang guru memilki kriteria profesionalitas sangat rendah dan kurang kompeten.