SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL KINERJA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) GEOGRAFI SMAN KABUPATEN SOPPENG TAHUN 2011

Restu Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Restu. 2011. Profil Kinerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi SMAN Kabupaten Soppeng Tahun 2011. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, dan (2) Drs. Hadi Soekamto SH, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Kinerja MGMP, Guru Geografi SMAN

 

Kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan lainnya melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Berdasarkan undang-undang dan kebijakan pemerintah terkait dengan kegiatan MGMP, kenyataan menunjukkan penampilan guru di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sangat bervariasi dan kualifikasi keguruannya beraneka ragam. Kemudian peningkatan peningkatan profesional guru menuntut adanya wadah antara lain untuk berkomunikasi, konsultasi saling memberikan informasi dan koordinasi sesama guru.

Wadah tersebut diberi nama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah forum/wadah kegiatan guru mata pelajaran sejenis pada jenjang SMA untuk memecahkan masalah-masalah dan menyempurnakan pelaksanaan proses belajar mengajar yang meliputi penguasaan materi antar guru, perbaikan metode penyajian, penggunaan media dan alat pelajaran, sistem evaluasi belajar serta hal-hal lain yang secara langsung atau tidak langsung menunjang terlaksananya kegiatan proses pembelajaran.

Profil Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi SMAN Kabupaten Soppeng Tahun 2011 dalam perencanaan pembelajaran Di sekolah terlihat adanya masalah kinerja guru geografi dalam perencanaan pembelajaran. Pembelajaran dimana guru masih ada yang belum membuat persiapan pembelajaran sebelum mengajar. Selain itu juga terlihat masalah yang berhubungan dengan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru dalam pelaksanaan pembelajaran juga belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga yang terjadi pembelajaran terasa membosankan bagi siswa dan kinerja yang dihasilkan guru pun belum optimal.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang menggunakan tingkat eksplanasi, adalah tingkat penjelasan, yaitu bagaimana variabel-variabel yang diteliti itu akan menjelaskan obyek yang diteliti melalui data yang terkumpul (Sugiyono : 2008). Seluruh data yang diperoleh akan diproses dan diolah dengan suatu analisa kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Kinerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi SMAN Kabupaten Soppeng Tahun 2011 dilihat dari berbagai aspek. Hasil penelitian ini yaitu meliputi kinerja MGMP geografi dan kegiatan guru geografi.