SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD SISWA KELAS XI IPS 3 SMAN 1 KEPANJEN KABUPATEN MALANG

Andik Isa Ansori

Abstrak


ABSTRAK

 

Ansori, Andik Isa. 2011. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran STAD Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M. Si, (II) Drs. Sudarno Herlambang, M. Si.

 

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif STAD, keaktifan belajar.

 

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2011 di SMA Negeri I Kepanjen diketahui bahwa sebagian besar siswa yang diwawancarai tentang pelajaran geografi menyatakan bahwa merasa kurang tertarik terhadap materi pelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya keaktifan belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri I Kepanjen dengan menggunakan model STAD.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 3 Kepanjen yang berjumlah 27 siswa, terdiri 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa serta data pendukung berupa catatan lapangan. Keaktifan belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan persentase keaktifan belajar siswa setiap siklus yang kemudian hasilnya dibandingkan antara siklus I dan siklus II. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keaktifan belajar siswa dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri I Kepanjen Malang. Peningkatan keaktifan belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan rerata persentase keaktifan belajar siswa dari 66,67% pada siklus I menjadi 74,04% pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,4 dari siklus I ke siklus II. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi siswa yang sering membuat ramai dan gaduh, sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Perlu adanya pengaturan waktu yang detail, sehingga kegiatan yang sudah direncanakan dapat telaksana serta perlu pemberitahuan kepada siswa tugas apa atau apa yang akan mereka lakukan pada pertemuan selanjutnya agar siswa lebih siap. Perlu adanya motivasi kepada siswa agar siswa bisa aktif dan bersemangat dalam pembelajaran. Perlu adanya diskusi yang lebih intensif agar siswa menjadi lebih paham tentang permasalahan yang dibahas. Perlu adanya perintah yang jelas dari guru terhadap pemateri yang presentasi untuk membaca dan menerangkan sejelas mungkin, perintahkan siswa menulis apa yang disampaikan pada papan tulis atau menampilkan melalui power point agar audiens menjadi paham atas apa yang disampaikan pemateri.