SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Validasi soal try-out ujian akhir nasional 2007/2008 mata pelajaran geografi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat

Muhammad Darwin Sastrawan

Abstrak


Menurut penelitian sebelumnya yang mengkaji tentang analisis soal menyimpulkan bahwa soal yang dibuat oleh guru bidang studi tergolong tidak memiliki validitas yang baik, dan soal Try-out UAN 2007/2008 mata pelajaran Geografi yang diujikan di MA Negeri 2 Sumbawa Besar merupakan hasil buatan guru bidang studi. Selain itu, diketahui bahwa dari keseluruhan siswa yang mengikuti Try-out UAN 2007/2008, khususnya Kelas XII Program IPS, yakni 31 orang siswa, terdapat 27 orang siswa (87,1%) yang dinyatakan lulus pada tes tersebut, sedangkan pada UAN 2007/2008 khususnya pada Kelas XII Program IPS di MA Negeri 2 Sumbawa Besar, hanya terdapat 12 orang siswa (38,7%) yang dinyatakan lulus pada mata pelajaran Geografi. Artinya, jumlah siswa yang dinyatakan lulus UAN lebih kecil dibandingkan dengan jumlah siswa yang lulus pada try-out. Hal ini tentu tidak sesuai dengan harapan sekolah, dimana berdasarkan hasil try-out sekolah tersebut menargetkan paling tidak 95% siswanya lulus UAN, khususnya pada mata pelajaran Geografi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis terhadap soal Try-out UAN 2007/2008 yang diujikan di MA Negeri 2 Sumbawa Besar.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat validitas soal try-out, yang meliputi tingkat validitas kurikuler, validitas bahasa, validitas item, tingkat kesukaran (TK), daya beda (DB), dan reliabilitas soal. Berdasarkan hasil uji tingkat validitas tersebut akan diketahui apakah soal Try-out UAN yang diujikan di MA Negeri 2 Sumbawa Besar memiliki validitas yang baik atau tidak.

Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Ex Post Facto, dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat. Data yang digunakan adalah berupa Dokumen Kurikulum 2004, silabus mata pelajaran Geografi, soal Try-out UAN 2007/2008 mata pelajaran Geografi, dan skor jawaban siswa yang diperoleh dari try-out tersebut (semua skor jawaban siswa Kelas XII Program IPS). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tabel telaah soal dan tabel tabulasi skor jawaban siswa.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa soal Try-out UAN 2007/2008 mata pelajaran Geografi di MA Negeri 2 Sumbawa Besar tergolong valid dari segi validitas kurikuler dengan persentase sebesar 100%; memiliki validitas bahasa yang baik karena 86% itemnya tergolong valid; memiliki validitas item yang jelek karena 46% itemnya tergolong tidak valid; mempunyai tingkat kesukaran yang tergolong jelek karena proporsi tingkat kesukaran itemnya tidak terdistribusi secara merata; dan mempunyai daya beda yang jelek karena 39% itemnya berkriteria jelek dan 14% berkriteria jelek sekali. Namun, soal tersebut tergolong reliabel pada taraf kepercayaan 0,05, dengan r hitung > r tabel (0,349), yakni 0,401 pada soal Try-out I, dan 0,432 pada soal Try-out II.

Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa item soal yang dapat dipakai pada soal Try-out I UAN 2007/2008 mata pelajaran Geografi di MA Negeri 2 Sumbawa Besar adalah sebanyak 8 butir soal, yang harus direvisi sebagian sebanyak 9 butir soal, dan yang harus direvisi total sebanyak 28 butir soal. Sedangkan, pada soal Try-out II item soal yang dapat dipakai adalah sebanyak 2 butir soal, yang harus direvisi sebagian sebanyak 16 butir soal, dan yang harus direvisi total sebanyak 27 butir soal. Dari kesimpulan tersebut, maka disarankan kepada guru mata pelajaran Geografi hendaknya dapat meningkatkan dan mengembangkan validitas soal Try-out UAN mata pelajaran Geografi, dengan cara melakukan ujicoba dan analisis terhadap soal tersebut terlebih dahulu sebelum diujikan kapada siswa.