SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan variasi metode pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII di MTs Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik

Eni Kusniati

Abstrak


Dalam usaha peningkatan hasil belajar siswa maka diperlukan suatu bentuk pembelajaran yang efektif dan efisien, yaitu dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa, variatif, dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, dapat mendorong atau merangsang siswa untuk aktif dalam mengikuti pelajaran, meningkatkan daya serap siswa ter-hadap materi pelajaran dan siswa tidak mudah bosan, sehingga diperlukan usaha yang maksimal oleh karena itu dalam pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa dalam pembelajaran siswa kurang aktif dan sering merasa bosan karena metode yang divariasikan adalah ceramah, tanya jawab, dan tugas rumah serta guru jarang menggunakan media karena keterbatasan media yang dimiliki sehingga hasil belajar yang di peroleh kurang maksimal. Dengan penerapan variasi metode pem-belajaran diharapkan siswa dapat merasa senang, tertarik dan aktif dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar geografi.
Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar geografi melalui penerapan variasi metode pembelajaran.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MTs Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik, pada semester I Tahun ajaran 2006/2007 mulai bulan Oktober sampai Januari 2006. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I variasi metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan kerja kelompok. Sedangkan pada siklus II variasi metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, tugas, diskusi, dan pratikum. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dengan jumlah siswa dalam kelas 25 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis data kuantitatif hasil belajar akan ditentukan dengan menggunakan rumus nilai rata-rata.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I pembelajaran dengan menggunakan variasi metode pembelajaran, suasana pembelajaran berbeda dengan sebelum dilakukan penelitian yang awalnya siswa kurang aktif menjadi lebih aktif dan aktivitas siswa bertambah tidak hanya tanya jawab saja melainkan juga kerja kelompok dan diskusi kelompok. Dan aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II, siswa terlihat begitu antusias pada saat dilakukan demonstrasi dan pratikum karena siswa melihat dan terlibat secara langsung. Dan dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa dari kriteria baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa penerapan variasi metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII B MTs Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Dan temuan-temuan yang didapat adalah sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dengan penerapan variasi metode pem-belajaran yang berpusat pada aktivitas siswa mengalami peningkatan; (2) variasi metode pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar bertambah menarik dan tidak mudah bosan, serta dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

Teks Penuh: DOC PDF