SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media CD Pembelajaran Program Macromedia Flash Geografi SMP Kelas VIII

Merizka Listyaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Listyaningrum, Merizka. 2011. Pengembangan Media CD Pembelajaran Program Macromedia Flash Geografi SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd,   (II) Drs. Djoko Sulistijo, M.Si.

 

Kata Kunci: media CD pembelajaran, macromedia flash, geografi

 

Seiring perkembangan ilmu dan teknologi, media pembelajaran yang digunakan semakin canggih melibatkan peran komputer. Salah satu produk media pembelajaran yang memanfaatkan multimedia berbasis komputer adalah CD Interaktif, yakni merupakan media yang menggunakan sebuah format multimedia dan dikemas dalam sebuah CD. CD Interaktif dapat membantu mempertajam pesan yang disampaikan dengan kelebihannya menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Penggunaan CD Interaktif ini sangat bagus untuk menerangkan proses, teori, ataupun praktek yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Salah satu contoh materi yang sulit digambarkan dengan kata-kata karena melingkupi suatu proses alam dan teori yang tidak dapat dihadirkan secara langsung ke dalam kelas yakni Kondisi Fisik Wilayah Indonesia. Banyak siswa merasa kesulitan dalam memahaminya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yakni dengan memanfaatkan media CD pembelajaran Macromedia Flash.

Tujuan pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk memudahkan dan memperjelas pesan, meningkatkan motivasi belajar siswa, dan meningkatkan pemahaman siswa. Karakteristik media pembelajaran CD Interaktif ini yakni adanya komunikasi interaktif antara pengguna dengan media, sehingga mempermudah penyampaian pesan pembelajaran.

Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Model prosedural yang bersifat deskriptif ini menggariskan langkah-langkah umum yang harus diikuti untuk menghasilkan produk, yang terdiri dari kegiatan identifikasi kompetensi dasar dan indikator, analisis bahan ajar, desain media, produksi, editing, prototipe media, validasi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Data penelitian bersifat kuantitatif yang diperoleh dari uji coba produk. Data yang dihasilkan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk mendapatkan skor akhir dengan merata-rata total jumlah skor jawaban responden dibagi dengan total jumlah skor ideal, dikalikan konstanta 100%.

Hasil pengembangan media CD Interaktif ini diketahui memenuhi kriteria "layak" dari siswa selaku audiens dengan tingkat kelayakan sebesar 90,80%. Dari hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan tergolong kriteria valid/layak, sehingga produk tidak direvisi dan tidak dilakukan uji coba ulang dari audiens, serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang diajukan adalah: (1) guru hendaknya menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia dengan memanfaatkan LCD untuk memperoleh tampilan yang besar dan menarik, (2) agar media dapat digunakan secara luas, maka dapat disebarluaskan melalui forum MGMP, (3) untuk pengembang produk yang akan datang disarankan membuat produk untuk bahasan lainnya seperti: atmosfer, hidrosfer, pedosfer, ataupun materi lainnya dengan animasi yang lebih baik dan menarik dengan memanfaatkan program yang lebih canggih lagi.