SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Faktor-Faktor yang Menyebabkan Minimnya Pemanfaatan Terminal Wisata Kambang Putih Tuban (TWKPT) di Kabupaten Tuban

Minarsih .

Abstrak


ABSTRAK

 

Minarsih. 2011. Identifikasi Faktor-Faktor yang Menyebabkan Minimnya Pemanfaatan Terminal Wisata Kambang Putih Tuban (TWKPT) di Kabupaten Tuban. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hendri Purwito, M.Si. (II) Ir. Juarti, M.P.

 

Kata Kunci: terminal penumpang Tipe A , tanggapan

 

Terminal Wisata Kambang Putih Tuban(TWKPT) merupakan sebuah terminal angkutan Tipe A yang terletak di jalan raya Jenu Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu. Fungsi terminal ini adalah sebagai prasarana transportasi jalan menaikkan dan menurunkan penumpang, perpindahan intra dan antar moda transportasi, mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum, menciptakan rasa nyaman bagi penumpang yang sedang menunggu bus atau berpindah bus, serta guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). TWKPT telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang telah sesuai dengan syarat terbangunnya terminal penumpang  Tipe A. Namun dalam kurun waktu hampir 6 tahun, pengguna yang memanfaatkan jasa terminal semakin mengalami kemerosotan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) kecenderungan arus pergerakan pengguna terminal, (2) tanggapan pengguna terhadap pelayanan terminal, (3) tanggapan responden terhadap  minimnya pemanfaatan terminal.

Penelitian ini dirancang dengan pendekatan deskriptif melalui metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Tuban yang terbagi menjadi tiga titik lokasi yaitu di terminal lama, depan Alon0alon, dan halte manunggal. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 78 penumpang bus dan 33 pengemudi (lyn dan bus). Perolehan data berdasarkan pengamatan dilapangan, hasil kuesioner, arsip Dinas Perhubungan, dan instansi lain yang terkait.  Data yang sudah diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik  skoring dan persentase.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, Kecenderungan arus pergerakan penumpang adalah kearah timur kota Tuban, sedangkan pengemudi angkutan kota (lyn) memiliki kecenderungan untuk beroperasi didalam kawasan Kecamatan Tuban. Kedua, Tanggapan Penumpang mengenai pelayanan TWKPT termasuk dalam kategori cukup, sedangkan berdasarkan tanggapan pengemudi termasuk dalam kategori buruk. Ketiga, menurut responden baik itu pengemudi maupun penumpang yang menjadi penyebab minimnya pemanfaatan terminal adalah karena lokasi terminal yang jauh dari pusat kegiatan kota.