SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI LAHAN KAWASAN INDUSTRI DI KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

Dheni Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Dheni. 2011. Evaluasi Lahan Kawasan Industri di Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Satti Wagistina, S.P, M.Si. (II) Drs. Rudi Hartono, M. Si.

 

Kata kunci : Evaluasi, Lahan, Kawasan Industri

Kawasan industri adalah suatu kawasan atau wilayah yang diperuntukkan unutk kegiatan industri oleh pemerintah. Pengembangan kawasan industri perlu dikembangkan secara lebih terarah dan terpadu. Program pengembangan industri yang layak huni perlu diadakan kajian daerah yang aman dari bencana. Evaluasi lahan berguna untuk menduga dan memberikan informasi seberapa besar suatu lahan untuk mendukung kemampuan suatu lahan bagi pengembangan kawasan industri. Salah satu lokasi yang diperuntukkan untuk pengembangan kawasan industri di Kabupaten Mojokerto adalah di Kecamatan Ngoro. Agar dapat diketahui lahan yang dijadikan sebagai lokasi industri sesuai dengan daya dukung lahannya maka perlu dilakukan evaluasi lahan untuk pengembangan industri.

Penelitian ini bertujuan untuk (I) mendeskripsikan faktor-faktor yang erat hubungannya dengan pembangunan kawasan industri di Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan lahan unutk lokasi industri di Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto (3) mengetahui fungsi kawasan industri Ngoro terhadap perekonomian Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah kawasan industri di Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Data primer yang dikumpulkan meliputi tekstur tanah dan kedalaman air. Sedangkan data sekunder meliputi peta administrasi, peta jenis tanah, peta kemiringan lereng dan peta penggunaan lahan, data curah hujan, data pendapatan daerah Kabupaten Mojokerto dan data perusahaan yang terdapat di Kawasan Industri Ngoro. Analisis data dilakuakn secara deskriptif yaitu dengan menceritakan hasil yang didapat dari penelitian baik dari data primer maupun data sekunder tentang kesesuaian lahan dan lokasi indsustri di Kecamatan Ngoro.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto sesuai atau layak dijadikan kawasan industri. Evaluasi lahan industri tersebut dapat diketahui dari parameter yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi di lapangan telah memenuhi parameter yang dipakai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diajukan adalah perusahaan-perusahaan yang terdapat di Ngoro industri untuk menyediakan instalasi pengolahan limbah yang lebih efektif dan efisien terutama untuk limbah padat, memperbaiki infrastruktur yang menunjang keberadaan industri di kecamatan tersebut, selain itu dengan adanya kawasan industri di Kecamatan Ngoro diharapkan agar lebih dapat memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal khusunya yang berasal dari kecamatan itu sendiri.