SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Lingkungan Hidup di Kelas XI IPS 2 SMA Islam Al-Maarif Singosari Kabupaten Malang

BAYU HARDIANSYAH

Abstrak


Pendidikan mempunyai peranan penting dalam memperbaiki mutu sumber daya manusia, kemajuan suatu bangsa hanya bisa dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Salah satu hal yang memegang peranan penting dalam membantu tercapainya pembelajaran yang berkualitas adalah peran serta guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, pada tanggal 23 dan 30 Maret di kelas XI SMAI Al-Maarif Singosari Kabupaten Malang, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi kelompok dan pemberian tugas melalui LKS, tetapi siswa masih terlihat kurang termotivasi, sehingga menjadi kurang aktif. Hal ini terlihat dari 39 siswa hanya 3 siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini membuat hasil belajar siswa tidak bisa maksimal. Terbukti dengan nilai siswa kelas XI IPS 2 SMAI Al-Maarif Singosari Kabupaten Malang yang masih rendah, dari 39 siswa yang nilainya di bawah SKM sebanyak 24 siswa (61,5%), dan 15 siswa (38,46%) mendapatkan nilai di atas SKM dengan rincian sebanyak 12 siswa (30,76%) mendapatkan nilai > 70 dan sebanyak 3 siswa (7,69%) mendapatkan nilai > 80. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar geografi pada kelas XI IPS 2 SMAI Al-Ma’arif Singosari belum memenuhi SKM yang telah ditetapkan pihak sekolah yakni 70.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PBI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS-2 SMAI Al-Maarif Singosari Kabupaten Malang pada bulan Mei sampai Juni 2011, dan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan ke siklus I, kemudian siklus I ke siklus II. Besarnya peningkatan dari pra tindakan ke siklus I adalah 15,38%, yaitu pada saat pra tindakan siswa yang mendapatkan skor > 70 ada 15 siswa dan pada siklus I menjadi 21 siswa. Besarnya peningkatan pada siklus I ke siklus II adalah 41.03%, yaitu 53.84% pada siklus I menjadi 94.87% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui juga berdasarkan nilai rata-rata siswa dari tes yang dilakukan di setiap akhir siklus sebesar 71,6% pada siklus I menjadi 78,9% pada siklus II. Dari perolehan tersebut dapat diketahui peningkatan hasil belajar siswa selama pelaksanaan tindakan sebesar 7,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar Geografi setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).  

Disarankan kepada para guru Geografi untuk menerapkan model Problem Based Instruction (PBI).agar kualitas pembelajaran Geografi semakin meningkat. Kepada peneliti lanjut untuk memperhatikan alokasi waktu agar yang telah direncanakan dalam RPP bisa terlaksana dengan baik.