SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Potensi Mata Air Song Bajul Untuk Suplai Air Bersih Penduduk di Desa Pucanglaban dan Desa Sumberdadap Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Tahun 2010-2050

mar'atus sholekhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholekhah, Mar’atus. 2011. Evaluasi Potensi Mata Air Song Bajul Untuk Suplai Air Bersih Penduduk di Desa Pucanglaban dan Desa Sumberdadap Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Tahun 2010-2050. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M.Si, (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc.

 

Kata Kunci: kebutuhan air, kuantitas air, proyeksi penduduk

Kekeringan merupakan keadaan dimana sebagian besar penduduk merasakan kurangnya air untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Masalah ini dialami oleh penduduk Kabupaten Tulungagung bagian selatan, yaitu Kecamatan Pucanglaban. Penduduk Desa Pucanglaban memanfaatkan mata air Umbul Bendo dan Desa Sumberdadap memanfaatkan mata air Sumber Kucur, yang masing-masing memiliki debit 0,5 liter/detik, sehingga terdapat batasan waktu untuk mendapatkan pasokan air bersih. Di Desa Panggungkalak terdapat sumber mata air yang memiliki debit yang besar, yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan kekurangan air bersih. Mata air tersebut dinamakan mata air Song Bajul yang merupakan mata air karst.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi (kuantitas) mata air Song Bajul, menganalisis kebutuhan air, dan mengevaluasi potensi mata air Song Bajul untuk memenuhi kebutuhan air bersih tahun 2010-2050 di Desa Pucanglaban dan Desa Sumberdadap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode survei. Obyek dalam penelitian ini meliputi mata air Song Bajul dan penduduk Desa Pucanglaban dan Sumberdadap. Sampel responden ditentukan dengan Stratified Proportional Random Sampling dan jumlah responden ditentukan dengan  Stratified Sampling. Jumlah responden di Desa Pucanglaban 156 KK dan Desa Sumberdadap 133 KK.

Hasil penelitian ini yaitu: (1) kuantitas mata air Song Bajul adalah 201,67 liter/detik atau 17.424.616,32 liter/hari, (2) saat ini total kebutuhan air bersih penduduk Desa Pucanglaban dan Desa Sumberdadap yaitu 1.030.381,24 liter/hari, (3) Perkiraan total kebutuhan air bersih penduduk Desa Pucanglaban dan Desa Sumberdadap tahun 2050 yaitu 2.536.746,61 liter/hari.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Debit mata air Song Bajul memiliki debit yang relatif stabil sepanjang tahun karena merupakan mata air karst, (2) terjadi perbedaan pola konsumsi antara jenis pekerjaan, (3) besar kebutuhan air bersih penduduk Desa Pucanglaban dan Sumberdadap tahun 2050 dapat tercukupi dengan debit mata air Song Bajul baik pada musim kemarau dan dan musim penghujan. Saran yang dapat diberikan: (1) untuk penelitian selanjutnya hendaknya dilakukan juga evaluasi kualitas mata air, (2) faktor kebocoran harus diperhatikan dalam proses distribusi air sehingga kuantitas air yang diperoleh lebih akurat, (3) hendaknya dilakukan prediksi penggunaan lahan untuk beberapa tahun yang akan datang.