SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENTS-TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII D SEMESTER II SMP LABORATORIUM UM

Aniswatin Auliyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Auliyah, Aniswatin.  2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D Semester II SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (2) Purwanto, S. Pd, M. Si

 

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, model STAD, hasil belajar geografi

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan mulai tanggal 8 Februari 2011 sampai 1 Maret 2011 di kelas VII D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa sebagian besar kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru mata pelajaran, siswa hanya duduk untuk mencatat dan mendengarkan ceramah guru sedangkan untuk kegiatan tindak lanjut, siswa harus mengerjakan modul yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran. Sedangkan pada hasil wawancara diketahui bahwa hanya 9 dari 33 siswa yang mampu tuntas dan memenuhi KKM di sekolah yaitu 65.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VII D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Siswa yang mempunyai nilai rendah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Students Teams Achievement Division (STAD) dan diberlakukan pada kelas VII D semester II di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dan pada pokok bahasan mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VII D SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang setelah pelaksanaan proses pembelajaran STAD siklus I dan siklus II. Tes hasil belajar diperoleh peningkatan ketuntasan dari siklus satu yaitu 60,61% naik menjadi 90,90% pada siklus dua dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus satu yaitu 64,61 menjadi 80,06 pada siklus dua. Persentase peningkatan pada penelitian ini sebanyak  23,91%. Secara umum dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Students Teams Achievement Division (STAD) sudah baik, namun memerlukan banyak pembenahan pada beberapa tahapan pembelajaran model STAD tersebut.