SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Komparasi dan tanggapan pengunjung terhadap objek wisata waduk Selorejo dan Karangkates Kabupaten Malang

Chandra Ningrat

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrat, Chandra. 2011. Studi Komparasi dan Tanggapan Pengunjung Terhadap Objek Wisata Waduk Selorejo Dan Waduk Karangkates Kabupaten Malang. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto, M.si (II) Drs. Hendry Purwito, M.Si.

 

Kata Kunci : tanggapan, pengunjung, waduk Selorejo, waduk Karangkates.

Pembangunan sektor pariwisata merupakan salah satu program andalan pemerintah Indonesia yang memiliki prospek dan peranan penting dalam meningkatkan lapangan pekerjaan dan menambah devisa Negara. Kegiatan wisata semakin berkembang seiring dengan perkembangan masyarakat, sistem politik serta meningkatnya keamanan. Kegiatan pariwisata merupakan suatu perwujudan geografis, yaitu hasil adaptasi dan aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumberdaya bagi kehidupannya. Konsep esensial geografi yang relevan dengan pembahasan pariwisata yaitu konsep letak, jarak, persebaran, keterjangkauan, interaksi, diferensiasi keruangan, nilai penting dan keterpaduan atau sintesis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung, tanggapan pengunjung terhadap potensi dan fasilitas objek wisata, dan perbedaan potensi dan fasilitas objek wisata di waduk Selorejo dan Waduk Karangkates yang terletak di Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksposfakto, metode penelitian ini adalah survey dengan jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung kedua objek wisata dan sampel diambil secara accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 di masing-masing objek. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalan penelitian ini adalah analisis scoring dan tabel persentase, setelah itu dilakukan perbandingan (deskriptif komparatif).

Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Karekteristik pengunjung objek wisata waduk Selorejo adalah laki-laki, rata-rata umur 16-20 tahun, daerah asal sebagian besar berasal dari Malang, pendidikan terakhir adalah SMA, pekerjaan adalah pelajar, lama kunjungan antara 1-3 jam, dan tujuan kunjungan adalah untuk liburan, sedangkan di waduk Karangkates adalah perempuan, rata-rata umur 21-25 tahun, daerah asal sebagian besar berasal dari Kabupaten Malang, pendidikan terakhir adalah SMA, pekerjaan pelajar dan PNS, lama kunjungan antara 1-3 jam, dan tujuan kunjungan adalah untuk liburan; 2) Potensi waduk Selorejo dan Karangkates adalah baik; 3)Tanggapan responden terhadap fasilitas utama di waduk Selorejo dan Karangkates adalah baik. Diharapkan bagi pengelola objek wisata untuk lebih meningkatkan kinerjanya demi kemajuan objek wisata, terutama di waduk Karangkates, pengunjung diharapkan juga ikut serta dalam menjaga dan melestarikan objek wisata.