SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Deteksi Perubahan Penggunaan Lahan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Sub DAS Brantas Hulu

Listyo Yudha Irawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawan, Listyo Yudha. 2011. Deteksi Perubahan Penggunaan Lahan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) di Sub DAS Brantas Hulu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Purwanto, S.Pd, M.Si, (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc.

 

Kata Kunci: daerah aliran sungai, perubahan penggunaan lahan, sistem informasi geografis, arahan pemanfaatan lahan

Penggunaan lahan merupakan wujud nyata dari pengaruh aktivitas manusia terhadap permukaan bumi. Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan kawasan dengan penggunaan lahan yang sangat dinamis. Perubahan penggunaan lahan seringkali hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia saja tanpa meninjau kelestarian dan keberlangsungan lahan yang diubah tersebut. Sub DAS Brantas Hulu merupakan kawasan dengan laju alih fungsi lahan yang tinggi dalam kurun waktu 1997-2011. Diperlukan suatu basis data spasial untuk memantau perkembangan dan perubahan penggunaan lahan di Sub DAS Brantas Hulu.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pola penggunaan lahan dan trend perubahannya Tahun 1997-2011. Mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perubahan penggunaan lahan. Serta untuk mengkaji kesesuaian arahan pemanfaatan lahan dengan penggunaan lahan tahun 2011.

Metode yang digunakan berbasis SIG dengan analisis peta penggunaan lahan pada Tahun 1997, 2006, dan peta penggunaan lahan tentatif/2011, serta melakukan cek lapangan untuk mencocokkan hasil pemetaaan sementara dengan kondisi penggunaaan lahan di lapangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pemilihan metode purposive sampling dilakukan pada beberapa titik pengamatan yang dianggap mewakili kondisi penggunaan lahan di lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan penggunaan lahan yang cukup signifikan pada Tahun 1997-2006 seluas 2917,577 Ha. Perubahan penggunaan lahan untuk periode 2006-2011 adalah seluas 816,98 Ha. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perubahan penggunaan lahan di Sub DAS Brantas Hulu antara lain: 1) faktor ekonomi berkaitan dengan peningkatan pendapatan penduduk yang bekerja pada sektor pertanian, khususnya untuk ladang/tegalan, serta kemudahan dalam perawatan tanaman dan pengolahan lahan. 2) Penyalahgunaan Hak Penggelolaan Hutan (HPH) oleh masyarakat sekitar hutan. 3) bertambah luasnya kawasan terbangun untuk berbagai bangunan dan pemukiman penduduk. Beberapa kebijakan arahan pemanfaatan lahan berdasarkan RTRW telah mengalami penyimpangan terutama pada kawasan lindung dan zona reboisasi/penghijauan. Dari luas total 17344 Ha, arahan pemanfaataan lahan yang sesuai sebesar 14376,443 Ha, sesuai bersyarat 730,837 Ha dan tidak sesuai 2078,902 Ha.