SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Pada Materi Menganalisis Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA “ISLAM” Malang

Ike Dwi Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Ike Dwi. 2011. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Pada Materi Menganalisis Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA “ISLAM” Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs. Sudarno Herlambang, M. Si, (2) Ir. Juarti, M. P

 

Kata Kunci: Hasil belajar siswa, TGT (Teams Games Tournament)

 

Pembelajaran di kelas XI IPS 2 SMA “ISLAM” Malang cenderung didominasi oleh guru (pembelajaran konvensional). Siswa kurang antusias dalam pembelajaran, siswa asik bermain sendiri ketika pembelajaran berlangsung. Hal itu menyebabkan proses belajar belum tercapai secara optimal. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata ulangan harian yang dicapai siswa sebelum tindakan kelas, yaitu 74  dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 44%. Jumlah ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar SKM untuk mata pelajaran Geografi sebesar > 75 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar > 85%. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran TGT, karena model ini mengajak siswa untuk lebih aktif dan model ini tidak hanya mengajak siswa belajar  tetapi juga bermain, diharapkan siswa bisa memahami materi lebih mendalam, dan hasil belajarnya meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 2 SMA “ISLAM” Malang dengan menerapkan model pembelajaran TGT dengan tipe model pembelajaran Talking Stick. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang dilaksanakan pada bulan Pebruari. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 sebanyak 34 siswa. Instrumen pengumpulan data melalui tes tiap akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelaran TGT. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 20.59% dari jumlah keseluruhan siswa, dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 7.2.