SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Bermain Tamu dan Tuan Rumah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Batu pada Materi Gejala-gejala yang Terjadi Di Atmosfer dan Hidrosfer, Serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupan

Purnamawati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnamawati. 2011. Penerapan pembelajaran kooperatif  Model bermain tamu dan tuan rumah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Batu pada Materi Gejala-gejala yang Terjadi di Atmosfer dan Hidrosfer, serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupan. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si

 

Kata kunci: bermain tamu dan tuan rumah, hasil belajar

Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 13 Januari 2011 di kelas VIIA SMP Negeri 3 Batu, diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru (teacher centered), sedangkan siswa hanya duduk, mendengar dan mencatat. Metode yang digunakan guru pengajar juga kurang bervariasi hanya terbatas pada ceramah, penugasan, dan diskusi kelompok. Akibatnya siswa terlihat pasif, malas, dan kurang mengembangkan pemikirannya, sehingga hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah, terbukti pada hasil belajar siswa yaitu terdapat 12 siswa yang belum tuntas belajar dan 20 siswa yang sudah tuntas dari 32 orang siswa dengan nilai ketuntasan klasikal rendah yaitu 62,5%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan suatu tindakan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari beberapa metode dan model yang ada sekarang ini, peneliti memilih menggunakan metode Kooperatif dengan Model Bermain Tamu dan Tuan Rumah yang dirasa cocok dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 3 Batu pada materi gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta pengaruhnya terhadap kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari sampai bulan Mei 2011.  Peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan data. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMPN 3 Batu dengan jumlah siswa 32 orang. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi tindakan guru, dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 23,28%. Tingkat keberhasilan tersebut diketahui dengan menghitung jumlah siswa yang nilainya mencapai Standar kriteria Minimum (SKM) sebesar 73 yang kemudian dibandingkan secara klasikal antara siklus I dan siklus II. Hasil belajar secara individu juga mengalami peningkatan yaitu terlihat pada nilai rata-rata kelas yang meningkat dari 76,06 menjadi 79,78. Tetapi hasil belajar secara individu ini hanya mengalami sedikit peningkatan yaitu sebesar 3,72. Sehingga perlu adanya tindakan lanjutan untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa secara individu.