SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Bidang Studi Geografi Pokok Bahasan Sejarah Pembentukan Muka Bumi Kelas X SMA

ATIK ROSIDAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Media pembelajaran CD Interaktif merupakan salah satu produk media pembela-jaran yang memanfaatkan multimedia, karena penyampaiannya memadukan unsur audio, visual, serta interaktifitas, sehingga dapat menarik minat pengguna. Pokok bahasan Seja-rah Pembentukan Muka Bumi merupakan kajian geografi tentang proses-proses alam yang sudah terjadi pada masa lampau, sehingga dalam penjelasannya tidak cukup hanya dengan verbalisme saja. Banyak siswa merasa kesulitan dalam memahami materi terse-but. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran CD Interaktif.

Tujuan pengembangan media pembelajaran CD Interaktif ini adalah menyedia-kan CD Pembelajaran Interaktif bidang studi geografi pokok bahasan Sejarah Pemben-tukan Muka Bumi untuk siswa SMA kelas X. Karakteristik media pembelajaran CD In-teraktif ini adalah adanya komunikasi interaktif antara pengguna dengan media, sehingga mempermudah penyampaian pesan pembelajaran.

 Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural adapta-si dari Arief Sadiman yang bersifat deskriptif, dengan langkah-langkah sebagai berikut: pertama perumusan tujuan, dilanjutakan analisis materi pembelajaran, dan selanjutnya mengembangakan alat evaluasi, menyusun naskah (story board), pembuatan produk, pro-totipe multimedia, menyusun petunjuk pemanfaatan, validasi, dan revisi. Data penelitian bersifat kualitatif dan kuantitatif  yang diperoleh dari uji validasi produk (ahli media, ahli materi, dan audiens) dan tes. Data yang dihasilkan dianalisis  dengan menggunakan tek-nik deskriptif kualitatif rata-rata.

Hasil pengembangan media pembelajaran CD Interaktif ini memenuhi kriteria sa-ngat valid/sangat layak dari ahli media dan dari guru geografi serta siswa selaku audiens. Sementara ahli materi memberikan kriteria vailid/layak. Dari hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan tergolong kriteria sangat valid dan sangat la-yak sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Hasil tes yang di-peroleh dengan memanfaatkan media ini tergolong ke dalam kriteria baik.

Saran yang diajukan adalah: (1) guru hendaknya menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk materi Sejarah Pembentukan Muka Bumi dengan memanfaatkan LCD Proyektor untuk memperoleh tampilan yang lebih baik, (2) agar me-dia dapat digunakan secara luas, maka dapat disebar luaskan melalui forum MGMP, (3) untuk pengembang produk yang akan datang disarankan membuat produk untuk bahasan lainnya seperti: lithosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, dan bahasan yang lainnya.