SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan model pembelajaran THINK TALK WRITE (TTW) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung

Ifa Hasna Hidayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan observasi awal pada tanggal 7 dan 14 September dapat diketahui keaktifan belajar siswa secara klasikal masih tergolong rendah. Hal ini terlihat selama proses pembelajaran siswa enggan bertanya pada guru walaupun kurang paham pada materi yang diajarkan, takut dan malu untuk mengungkapkan ide dan pendapat, malas mencatat penjelasan dari guru, dan membicarakan hal-hal di luar materi selama proses pembelajaran. Pada waktu guru menggunakan metode diskusi diketahui hanya 4 siswa (11,4%) yang mengajukan pertanyaan, 6 siswa (18,75%) mengemukakan pendapat, 3 siswa (14,2%) memberi saran, sisanya 19 siswa (59,37%) hanya diam dan belum menunjukkan keaktifan.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII B SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, dan tiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data keaktifan belajar siswa menggunakan lembar observasi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 59,51% (cukup) pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,58% (sangat baik). Persentase rata-rata keaktifan siswa saat presentase pada siklus I sebesar 61,45% (baik) pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,72%  (sangat baik), yang berarti ada peningkatan secara signifikan dari penerapan model pembelajaran Think Talk Write  terhadap keaktifan belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka sarannya sebagai berikut:  1) Bagi guru bidang studi IPS Geografi untuk menerapkan model Think Talk Write (TTW) sebagai salah satu pembelajaran alternatif, dengan memberikan materi problematik, 2) Guru sebaiknya dalam menerapkan model pembelajaran TTW mengatur waktu pada tiap tahapan agar penerapan model ini bisa berjalan lancar, 3) Perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi siswa yang sering membuat ramai dan gaduh, 4) Bagi peneliti selanjutnya agar menerapkan model Think Talk Write pada materi dan jenjang kelas yang berbeda atau  mengkombinasikan dengan model lain untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, 5) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk lebih memotivasi siswa pada setiap tahapan dalam model TTW berupa pemberian hadiah dan hukuman agar penerapan model ini bisa berjalan lancar.