SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik dan Persepsi Wisatawan terhadap Konsep Essensial Geografi dan Sapta Pesona pada Objek Wisata Waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno di Kota Blitar

Weny Eka Yuswandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Di Kota Blitar terdapat dua objek wisata yang terletak di pusat kota yaitu waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno. Pengembangan yang telah dilaksanakan pada kedua objek wisata selama ini tidak menjadikan penambahan pengunjung yang berarti. Pengembangan kepariwisataan tidak hanya ditujukan pada objek wisata yang ditawarkan, daya dukung yang dimiliki, tetapi juga respon dari wisatawan, oleh karena itu perlu adanya penelitian tentang perilaku wisatawan untuk mengetahui respon melalui karakteristik dan persepsi wisatawan untuk mengetahui keberhasilan pengembangan.

Untuk mengetahui karakteristik dan persepsi wisatawan, maka penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana karakteristik wisatawan objek wisata waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno? (2) Bagaimana persepsi wisatawan terhadap konsep essensial geografi pada objek wisata waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno? (3) Bagaimana persepsi wisatawan terhadap sapta pesona pada objek wisata waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno?

Metode yang digunakan adalah metode survei dengan populasi seluruh pengunjung waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno pada saat pengambilan sampel. Pengambilam sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan 100 responden (50 responden waterpark Sumberudel dan 50 responden Makam Bung Karno). Alat pengumpul data berupa wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabulasi dan gabungan skor (Indeks Komposit Skor).

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Karakteristik wisatawan waterpark Sumberudel, mayoritas berjenis kelamin perempuan yang berumur antara 14-24 tahun dan berasal dari daerah Blitar, yang didominasi oleh pelajar/mahasiswa dan tujuan berkunjung ke waterpark Sumberudel untuk berenang. Sedangkan karakteristik wisatawan Makam Bung Karno, mayoritas berjenis kelamin perempuan yang berumur antara 36-46 tahun dan berasal dari luar daerah Blitar, dengan pekerjaan yang bervariasi dan tujuan berkunjung ke Makam Bung Karno untuk berziarah, (2) Persepsi wisatawan terhadap konsep essensial geografi waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno tergolong baik, (3) Persepsi wisatawan terhadap sapta pesona waterpark Sumberudel tergolong baik dan Makam Bung Karno tergolong cukup. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) Kepala Dinas Infoparda untuk meningkatkan promosi, (2) Kepada pengelola dan Karyawan waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno supaya lebih terampil dan komunikatif, (3) Kepada masyarakat supaya lebih berperan aktif dalam mendukung objek wisata waterpark Sumberudel dan Makam Bung Karno