SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL KADER POS PELAYANAN TEREPADU (POSYANDU) KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JOMBANG

Asif Nizaruddin

Abstrak


ABSTRAK

 

Nizaruddin, Asif. 2011. Profil Kader Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II) Purwanto S.Pd M.Si.

 

Kata Kunci: Profil, Kader Posyandu, Jombang

Posyandu merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan. Keberhasilan Posyandu tidak lepas dari kerja keras kader yang dengan sukarela mengelola Posyandu di wilayahnya masing-masing. Disisi lain Peserta Posyandu ternyata masih banyak yang tidak hadir dalam kegiatan Posyandu, hal ini dibuktikan dengan presentase pencapaian peserta KB di Kecamatan Jombang yang menempati urutan ke-19. Agar menarik minat peserta Posyandu untuk datang ke kegiatan Posyandu maka dibutuhkan pelatihan atau training kader Posyandu. Pelatihan atau training yang akan diadakan dapat lebih maksimal jika telah diketahui informasi tentang kader Posyandu. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai profil kader Posyandu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kader Posyandu, pelaksanaan tugas kader Posyandu, kategori profil kader Posyandu, dan respon peserta posyandu terhadap kinerja kader Posyandu di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey, data penelitian diperoleh dari observasi langsung terhadap responden dengan menggunakan kuesioner serta data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman kuesioner dan wawancara. Teknik skor dan skala yang digunakan adalah skala likert dengan kategori baik, sedang, dan buruk atau kurang baik. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif berupa distribusi frekuensi atau tabulasi frekuensi.

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, karakteristik kader Posyandu se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang memiliki kategori sedang. Kedua, pelaksanaan tugas kader Posyandu Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang sebagian besar memiliki kategori baik. Ketiga, kategori profil kader Posyandu Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang sebagian besar memiliki kategori sedang. Keempat, kategori respon peserta Posyandu terhadap kinerja kader Posyandu Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang sebagian besar memiliki kategori baik.