SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Map) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar

Wakhidatus Sholikhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholikhah, Wakhidatus. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Map) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si, (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: model pembelajaran peta pikiran (mind map), hasil belajar geografi.

Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa hasil belajar geografi siswa kelas X-6 SMAN 1 Kesamben, 100% masih dibawah KKM dengan nilai rata-rata 57,35. Mayoritas siswa kurang dapat memahami dan mengingat materi-materi geografi, terutama untuk materi yang mengandung pemahaman konseptual. Kesulitan pemahaman tersebut disebabkan oleh banyaknya materi dan banyaknya istilah dalam pelajaran geografi. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi pelajaran adalah dengan membelajarkan siswa cara mencatat yang baik. Mind map merupakan salah satu bentuk metode mencatat yang dikembangkan oleh Tony Buzan pada tahun 1970-an berdasarkan hasil penelitian cara otak memproses informasi, sedangkan penggunaan mind map sebagai model pembelajaran di kelas telah dikenalkan oleh Melvin L. Silberman sekitar tahun 1996 melalui bukunya yang berjudul Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Untuk itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran peta pikiran (mind map) di kelas X-6 SMAN 1 Kesamben Kabupaten Blitar.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Geografi dengan menerapkan model pembelajaran peta pikiran (mind map). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April dan Mei 2011.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai dari pra tindakan, siklus I, hingga siklus II. Pada pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 57,35 , pada siklus I naik menjadi 64, dan siklus II naik kembali menjadi 87. Persentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan yaitu 35% pada siklus I, dan 94% pada siklus II.

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan bagi guru geografi agar menggunakan model pembelajaran peta pikiran (mind map) sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran peta pikiran (mind map) namun dengan subjek penelitian yang berbeda guna meningkatkan kemampuan analisis siswa.