SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 6 Malang.

Dwi Winda Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Demi tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran, salah satu upaya pemerintah menetapkan standar ketuntasan minimal yang harus dicapai dalam suatu pembelajaran, baik kriteria ketuntasan minimal untuk keterampilan proses maupun hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada tanggal 8 Maret 2011 dalam proses pembelajaran Geografi di kelas XI IPS 2 terdapat beberapa kelemahan yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya yaitu: (1) Hasil belajar rendah, terbukti dari hasil ulangan tengah semester pada kompetensi dasar Menjelaskan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM yang ditetapkan75, sebanyak 15 siswa yang tuntas, sedangkan  yang belum tuntas belajarnya sebanyak 23 siswa atau 60,52%; (2) Minat belajar siswa masih rendah; (3) Proses pembelajaran masih didominasi oleh guru; (4) Suasana kelas kurang kondusif; (5) Guru hanya terfokus untuk menjelaskan yang ada di LKS; (6) Penerapan strategi belajar kurang dapat memotivasi siswa, sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini direncanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaantindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 2 SMANegeri 6 Malang dengan jumlah siswa 38 orang, pada Kompetensi Dasar: Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Geografi siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Pada pra tindakan rata-rata nilai kelas 69,47 dengan persentase keberhasilan 39,47%. Siklus I mengalami peningkatan 77,5 dengan persentase keberhasilan tindakan 71,05%. Siklus II juga menunjukkan peningkatan yakni diperoleh rata-rata 83,37 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 86,84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Geografi setelah diterapkan pembelajaran model Think Pair Share dan disarankan untuk menggunakan model Think Pair Share dengan merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran Geografi khususnya pada materi yang membutuhkan penalaran dan analisa.